Manfaat Buah Pepaya Bagi Tubuh Manusia

by -307 Views

BERITAPENAJAM.Net- Buah Pepaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Dibalik rasa manisnya, tanaman asli meksiko ini mengandung vitamin dan serat yang sangat baik bagi kesehatan. Buah yang dijuluki sebagai “fruit of the angels” ini juga mengandung beberapa zat dapat meningkatkan kesehatan manusia.

Beberapa manfaat buah pepaya bagi tubuh yaitu:

Mencerna Protein
Buah dan seluruh bagian dari pohon pepaya memiliki kandungan enzim papaya yang bermanfaaat untuk membantu dalam mencerna protein. enzim papaya paling banyak didapat pada pepaya yang masih mentah meskipun tetap ada di pepaya yang sudah matang. Enzim ini banyak digunakan pada suplemen makanan dan sebagai bahan tambahan dalam permen karet.

Vitamin C
Vitamin C yang terkandung dalam pepaya kurang lebih 48 kali dari Vitamin C yang terkandung dalam buah apel. Manfaat vitamin ini untuk mencegah sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti oksidan, serta mengurangi resiko berbagai penyakit seperti diabetes, atherosklerosis dan resiko asma.

Melindungi sistem kardiovaskular
Kombinasi dari Vitamin C, Flavonoid, vitamin B, folat, pantothenic acid dan beberapa mineral, potassium, tembaga dan magnesium bersama dengan kandungan serat yang tinggi memberikan perlindungan terhadap penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung koroner.

Melancarkan pencernaan
Sudah banyak diketahui oleh orang Indonesia bahwa jika sulit BAB salah satu cara untuk melancarkannya dengan mengkonsumsi buah pepaya. Tidak hanya baik untuk melancarkan saat ke toilet, manfaat buah pepaya untuk kesehatan pencernaan lainnya adalah mencegah kanker usus besar. Gabungan dari beta karoten, vitamin C, serat makanan, vitamin E dan folatnya mengikis toksin dan menurunkan resiko terkena kanker kolon.

Anti inflamasi
Enzim papain dan chymopapain yang terkandung dalam buah pepaya memiliki efek anti peradangan (anti inflamasi) serta membantu dalam penyembuhan luka bakar. Anti oksidan seperti vitamin C dan beta karoten juga turut andil dalam menurunkan efek inflamasi. Jadi buah ini baik untuk penderita penyakit inflamasi seperti osteoarchritis, rematik, asma dan baik bagi penderita alergi.

Sumber: disehat.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.