Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Penyakit Penyerta CoViD-19

 

 

BERITAPENAJAM.Net,- Penyakit penyerta akan menambah tingkat keparahan pasien Covid-19. Konsumsi air kelapa muda secara rutin diketahui memberikan manfaat kesehatan bagi pasien dengan penyakit penyerta.

Usia dan penyakit penyerta, diketahui menyebabkan individu rentan terhadap virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa banyak pasien dengan penyakit penyerta yang mendapat perawatan di rumah sakit. Pasien dengan penyakit penyerta ini juga 12 kali lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 dibanding pasien lain yang tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Komorbid adalah penyakit yang sejak awal memang sudah diderita pasien. Baik terjadi karena pola hidup tidak sehat maupun lantaran riwayat penyakit keturunan.

Dikutip dari Covid19.go.id, penyakit penyerta yang rentan terhadap Covid-19 ini diantaranya hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, gagal ginjal, stroke dan kanker. Air kelapa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi mereka yang sudah memiliki penyakit penyerta (komorbid) ketika mengalami covid-19.

“Penyakit komorbid adalah penyakit yang sudah ada lebih dulu dan biasanya bersifat kronis,” ujar DR Med, Dr. Maya Surjadjadja, M.Gizi, Sp.GK, FAAMFM (Specialized in Clinical Nutrition) lanjutnya

“Penyakit komorbid ini tidak langsung datang begitu saja, tetapi akan terus mengikuti kita ke mana pun kita berada,” ucap Dr. Maya di lansir oleh medcom.id

Di Indonesia sendiri karena negara tropis, ada banyak kelapa hijau. Di sini kelapa hijau bisa dengan mudah ditemukan khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan harga yang cukup banyak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam satu butir kelapa memiliki banyak kandungan nutrisi penting seperti karbohidrat, serat, protein vitamin C, magnesium, mangan, potasium, sodium, dan kalsium. Adapun air kelapa juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes, yang merupakan salah satu penyakit komorbid covid-19.

Dan berdasarkan sebuah penelitian terhadap tikus, air kelapa juga dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolestrol dan trigliserida. Tingkat kolestrol yang tinggi, dapat membuat seseorang lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan jantung yang pada akhirnya akan memperburuk kondisi seseorang jika terkena covid-19, menurut Dr. Maya.

Ia juga menambahkan bahwa karena kaya akan antioksidan, air kelapa dapat mencegah terjadinya stres oksidatif.

Dalam tips memilih air kelapa, usahakan memilih air kelapa muda dibandingkan air kelapa tua. Hal ini karena air kelapa muda memiliki sifat anti-inflamasi dalam tingkat yang potent. Sedangkan air kelapa tua hanya pada tingkat moderate.

Maksudnya adalah, air kelapa muda memiliki sifat anti-inflamasi yang lebih tinggi sedangkan air kelapa tua memiliki sifat anti-inflamasi dari sedang sampai rendah. Dalam mengonsumsi air kelapa muda menyarankan untu mengonsumsinya sekitar 300mL sebanyak 2 kali setiap harinya. 

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Anggota DPRD PPU Komisi II, Tanggapi Soal Denda Warga Yang Tidak Gunakan Masker

Sen Agu 31 , 2020
    BERITAPENAJAM.Net,- Penyakit penyerta akan menambah tingkat keparahan pasien Covid-19. Konsumsi air kelapa muda secara rutin diketahui memberikan manfaat kesehatan bagi pasien dengan penyakit penyerta. Usia dan penyakit penyerta, diketahui menyebabkan individu rentan terhadap virus corona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa banyak pasien dengan penyakit penyerta […]
%d blogger menyukai ini: