KUA-PPAS APBD 2021 Sebesar Rp 1,3 Triliun

Ketua DPRD Jhon Kenedy

BERITAPENAJAM.Net,- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah menyelesaikan pembahasan draf kebijakan umum anggaran dan priotas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2021. Draf KUA-PPAS APBD 2021 dibahas sejak  bulan Agustus lalu.

Ketua DPRD PPU Jhon Kenedi mengungkapkan, ekstimasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang tercatum dalam draf KUA-PPAS hanya Rp 1,3 triliun lebih. Jika dibandingkan dengan APBD Perubahan 2020 sebesar Rp 1,5 triliun, APBD tahun depan mengalami penurunan.

Namun demikian, ekstimasi Rp 1,3 triliun tersebut belum termasuk bantuan keuangan (Bankeu) Pemprov Kaltim dan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat.

“KUA-PPAS APBD 2021 sebesar Rp 1,3 triliun. Tetapi, itu belum masuk anggaran Bankeu dan DAK,” kata Jhon Kenedi pada awak media Senin

Jhon Kenedi memperkirakan, APBD tahun depan akan menembus angka Rp 1,6 triliun atau Rp 1,7 triliun. Karena sejauh ini belum diketahui angka pasti besaran Bankeu dan DAK yang diterima oleh pemerintah daerah.

“Mudah-mudahan Bankeu dan DAK lebih besar dari tahun ini. Sehingga APBD 2021 dapat mencapai Rp 1,6 triliun atau Rp 1,7 triliun,” ujarnya.

Politikus Demokrat ini menekankan, draf KUA-PPAS APBD telah ditetapkan oleh DPRD dan saat ini drafnya tersebut telah dikembalikan ke TAPD PPU untuk penyempurnakan. Pasalnya, setelah penetapan KUA-PPAS dilanjutkan dalam penyusunan program dan kegiatan secara rinci untuk masing-masing organsiasi perangkat daerah (OPD).

“KUA-PPAS sudah kami bahas dan telah dikembalikan ke pemerintah daerah untuk penyempurnaan setiap rencangan program dankegiatan OPD. Nah, bulan Oktober ini akan dilanjutkan kembali pembahasannya. Mudah-mudahan APBD 2021 dapat diparipurnakan sebelum tanggal 30 November,” pungkasnya (bp5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pansus I Setujui 5 Persen Kenaikan PJU

Ming Okt 4 , 2020
BERITAPENAJAM.Net,- Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Penajam Paser Utara (PPU) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah menyelesaikan pembahasan draf kebijakan umum anggaran dan priotas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2021. Draf KUA-PPAS APBD 2021 dibahas sejak  bulan Agustus lalu. Ketua DPRD PPU Jhon Kenedi mengungkapkan, ekstimasi […]