KPU Tetapkan 25 Calon Anggota DPRD PPU Terpilih

by -49 Views

BERITAPENAJAM.NET, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah menetapkan jumlah perolehan kursi partai politik serta 25 calon legislatif PPU terpilih di Pemilihan Umum (PEMILU) 2024, penetapan ini dilaksanakan saat Rapat Pleno terbuka yang digelar di Aula Kantor KPU PPU, Kamis (02/05/24), malam.

Ketua KPU PPU Ali Amin Ishak Menyampaikan, rapat pleno penetapan kursi serta calon terpilih DPRD PPU dilakukan setelah penerimaan surat keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengena Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

“Surat MK diterbitkan tanggal 29 April kemarin, kemudian diterima KPU RI tanggal 30 April. Lalu kami di KPU PPU menerima surat MK tanggal 1 Mei, sebab karena itu undangan rapat pleno ke partai politik, instansi terkait cukup mendadak,” sambung Ali.

Pemilu 2024, Kabupaten PPU terbagi dalam tiga Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Dapil 1 Penajam dengan 12 kursi, Dapil 2 Sepaku sebanyak 5 kursi dan Dapil 3 Waru-Babulu sebanyak 8 kursi. Dalam rapat pleno tersebut 25 calon terpilih anggota DPRD PPU Periode 2024-2029 ditetapkan.

Dapil 1 Penajam yakni PKB memperoleh satu kursi dan calon terpilih Adjie Noval Endyar dengan perolehan 2.083 suara, Partai Gerindra memperoleh dua kursi dan calon terpilih Raup Muin dengan perolehan 5329 suara serta Adla Dewata dengan perolehan 1.203 suara.

Sedangkan PDIP mendapat satu kursi dan calon terpilih Syamsudin dengan perolehan 1.971 suara, Partai Golkar memperoleh satu kursi dan calon terpilih Andi Muhammad Yusup dengan perolehan 4.808 suara, Partai Nasdem meraih satu kursi dan calon terpilih Jamaluddin dengan raihan 1.887 suara, Partai Gelora satu kursi dan calon terpilih Mahyuddin dengan perolehan 1.175 suara, PKS mendapat satu kursi dan calon terpilih Thohiron dengan raihan 1.864 suara.

Sementara Partai Hanura juga mendapat satu kursi dan calon terpilih Hariyono (Ion) dengan perolehan 2.521 suara. PBB mendapatkan satu kursi dan calon terpilih Rusbani dengan perolehan 2.693 suara. Partai Demokrat mendapat dua kursi dan calon terpilih Syarifuddin HR dengan perolehan 3.110 suara serta Jhon Kenedi dengan perolehan 2.598 suara.

Dapil 2 Sepaku yakni, Partai Gerindra mendapat satu kursi dan calon terpilih Abdul Rahman Wahid dengan perolehan 2.578 suara, PDIP dapat satu kursi dan calon terpilih Budi Sarwoto dengan perolehan 1.249 suara, Partai Golkar dapat satu kursi dan calon terpilih Sakka dengan perolehan 2.202 suara, PKS dapat satu kursi dan calon terpilih Sariman dengan perolehan 1.248 suara. Sedangkan Partai Demokrat juga dapat satu kursi dan calon terpilih Muhammad Bijak Ilhamdani dengan perolehan 1.769 suara.

Dapil 3 Waru-Babulu yakni, PKB dapat satu kursi dan calon terpilih Irawan Heru Suryanto dengan perolehan 3.834 suara, Partai Gerindra dapat satu kursi dan calon terpilih Sujiati dengan perolehan 2.213 suara, PDIP juga dapat satu kursi dan calon terpilih Ishaq dengan perolehan 965 suara, Partai Golkar dapat satu kursi dan calon terpilih Andi Iskandar Hamala dengan perolehan 1.800 suara.

Partai Nasdem mendapat satu kursi dan calon terpilih Nanang Ali dengan perolehan 2.418 suara, PKS mendapat satu kursi dan calon terpilih Roman Rading dengan perolehan 964 suara, PAN mendapat satu kursi dan calon terpilih Zaenal Arifin dengan perolehan 1.354 suara. Sementara Partai Demokrat mendapat satu kursi dan calon terpilih Syahrudin M Noor dengan perolehan 3.518 suara.

“Rapat pleno ini dilakukan untuk menetapkan perolehan kursi politik dan 25 calon Anggota DPRD PPU terpilih 2024-2029,” lanjutnya.

Ali mengatakan, dilaksanakannya pemilu 2024 berjalan damai dan lancar berkat kerjasama baik antara pemyelenggara dengan peserta pemilu serta pihak Kepolisia, TNI, Kejaksaan, dan Pemerintah Daerah.

“Kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas kerjasama dari semua pihak yang ikut turut serta terkait pelaksanaan pemilu 2024 berlangsung lancar dan aman. Kami harapkan di Pilkada 2024, kita kembali bersama-sama menyukseskan pemilihan calon bupati dan wakil bupati serta calon gubernur dan wakil gubernur,” tutupnya. (Sam)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.