KPU PPU Ajukan Anggaran Rp 31 Milliar Untuk Pilkada 2024 Mendatang

BERITAPENAJAM – Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) Ardimansyah klaim lembaganya telah mengajukan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebesar Rp31 miliar.

Anggaran yang dilayangkan itu diminta untuk disalurkan jadi dua tahap karena tahapan Pilkada sudah mulai berjalan pada tahun depan.

“Anggaran yang kami ajukan ini untuk kebutuhan dua tahun anggaran. Sebab tahapan Pilkada akan dimulai pada bulan Oktober 2023 mendatang,” ucapnya,  (25/5)

Di tahun 2023 pihaknya akan mengajukan pencarian sebesar Rp1 Miliar, selebihnya pada tahun 2024 mendatang.

Karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19, KPU PPU pun turut mengalokasikan anggaran untuk prokes Covid-19 sebesar Rp61 juta.

Anggaran untuk mengantisipasi penyebaran virus itu dianggap lebih rendah dari daerah lainnya yang akan menggelar Pilkada.

“Di PPU paling rendah untuk anggaran prokesnya, di kabupaten/kota lainnya di Kaltim mengajukan Rp300 juta hingga Rp500 juta. Jumlah pengajuan itu hanya untuk masker saja, sementara yang lain memasukkan rapid tes dalam anggaran mereka,” bebernya.

Diketahui, jumlah anggaran yang di ajukan tahun ini lebih banyak dibanding saat Pilkada tahun 2018 silam sebab besarannya mengapai Rp26 miliar. (yan/bp1)