Komisi II Dorong Pemkab PPU Maksimalkan Lahan Pertanian Belum Tergarap


BERITAPENAJAM.Net,- Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) salah satu kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) yang didaulat sebagai lumbung padi. PPU juga memiliki belasan ribu hektare lahan pertanian. Namun, belum sepenuhnya belum tergarap secara maksimal. Lahan sawah yang paling luas mencapai 8.000 hektare berada di Kecamatan Babulu.

Ketua Komisi II DPRD PPU Wakidi mendorong Pemkab PPU untuk memaksimalkan seluruh lahan produktif yang belum digarap secara maksimal. Diperkirakan sekira 3 ribu hektare lahan produktif belum dimaksimalkan.

“Ada 3 ribu-an hektare sawah di PPU yang belum digarap secara maksimal oleh petani. Untuk memaksimalkan hal tersebut, diperlukan campur tangan atau dorongan dari pemerintah daerah,” kata Wakidi pada media ini, Senin (25/10).

Faktor ketersediaan pegairan menjadi penyebab utama lahan produktif belum dimanfaatkan dengan baik oleh petani. Pasalnya, daerah ini masih mengandalkan sistem pengairan tadah hujan. Bendung Telake di Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser dinanti-nantikan oleh petani di
Kecamatan Babulu, PPU masih dalam tahap persiapan pembangunan. 

“Sebelum Bendung Telake selesai dibangun, pemerintah daerah harus bergerak dari sekarang agar lahan belum tergarap maksimal tersebut dapat dimanfaatkan oleh petani. Kalau 3 ribu-an hektare itu tergarap, pasti produksi hasil pertanian di PPU akan meningkat. Tentu juga akan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Wakidi.


Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, selain persoalan pengairan, petani juga seiring mengeluhkan ketersediaan pupuk subsidi. Karena, tahun ini terdapat pemangkasan kuota pupuk bersubsidi oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

“ Bagaimana caranya kita mendapatkan kuota dari pusat sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Kemudian jalan usaha tani juga harus diperhatikan agar mobilisasi hasil pertanian lebih mudah,” tutupnya (mn)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pansus I Kesulitan Mendapatkan LBH Terakreditasi di PPU

Sen Nov 2 , 2020
BERITAPENAJAM.Net,- Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) salah satu kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) yang didaulat sebagai lumbung padi. PPU juga memiliki belasan ribu hektare lahan pertanian. Namun, belum sepenuhnya belum tergarap secara maksimal. Lahan sawah yang paling luas mencapai 8.000 hektare berada di Kecamatan Babulu. Ketua Komisi II DPRD PPU […]