Kodim Laksanakan Rakoor Penanggulangan Karhutla

by -131 Views

BERITAPENAJAM.Net– Dalam rangka menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kodim 0913 PPU bersama dengan Pemerintah Daerah Kab. PPU menggelar Rapat Koordinasi terkait penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Aula Kodim 0913 PPU, Rabu (29/08/18). Dalam kegiatan tersebut hadir Pj. Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Bere Ali, Dandim 0913 PPU Letkol Mahmud, Kepala Dinas Kesehatan PPU Arnold Wayong beserta jajaran Badan Penanggulangan Kebakaran Daerah Kab. PPU.

Dalam kesempatan tersebut, Bere Ali menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu dilakukan untuk menentukan langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika terjadi kasus-kasus kebakaran hutan
dan lahan di wilayah PPU. Bere Ali juga menegaskan bahwa rencana yang sudah dibuat nantinya harus dilaksanakan dengan baik, mulai dari kesiapsiagaan tenaga, kesiapsiagaan peralatan, kesiapsiagaan prosedur dan bagaimana kita mulai melangkah, bagaimana keadaan logistik, bagaimana masalah kesehatan dan hal-hal lain yang terkait dengan terjadinya bencana,
Bere Ali berharap kegiatan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan ini berada dalam satu komando Kodim 0913 PPU dan nanti ada juga sub-sub komando yang bekerja sesuai dengan prosedur utama, sesuai dengan skenario utama. “Manakala hal ini mampu kita laksanakan dengan baik, maka penanggulangan terjadinya bencana dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kewenangan yang dimiliki oleh sub-sub komando tersebut”, terang Bere Ali, Terkait Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Kasubid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. PPU, Samudri menyampaikan bahwa beberapa waktu terakhir ini memang banyak kejadian-kejadian kebakaran yang disebabkan oleh pengaruh cuaca kemarau.

“Untuk itu, kami berharap kepada dinas-dinas terkait untuk bersama-sama bersinergi dalam menanggulangi dan menangani bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah PPU”, harap Samudri.

Sementara itu, Dandim 0913 PPU Letkol Mahmud menyampaikan secara rinci terkait pelaksanaan penanggulangan kebakaran mulai dari penanganan kebakaran lahan gambut, pencarian dan penyelamatan korban kebakaran hingga penyediaan tempat-tempat pengungsian di beberapa daerah di PPU. (Humas 05)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.