Kodim 0913 Penajam Paser Utara Kampanyekan Percepatan Penurunan Stunting

by -26 Views

BERITAPENAJAM – Komando Distrik Militer (Kodim) 0913/Penajam Paser Utara (PPU) gelar kampanye percepatan penurunan stunting dan pengukuhan bapak asuh anak stunting di Makodim 0913/PPU, Kamis (29/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan Kodim 0913/PPU dalam rangka Bhakti TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu Tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 TNI.

Dandim 0913/Penajam Paser Utara Letkol Inf Arfan Affandi menyampaikan kasus stunting menjadi salah satu perhatian penting bagi bangsa Indonesia khusunya di lingkup TNI.

“Dengan adanya fenomena Stunting ini terjadi karena dampak dari gizi buruk dan faktor -faktor lainnya. Hal itu akan mempengaruhi nanti generasi yang akan datang,” kata Dandim.

Dandim menjelaskan, terjadinya stunting diakibatkan dari pola asuh yang tidak tepat dari orang tua yang sedang mengandung.

“Maka dari itu orang tua harus memiliki pola asuh dan hidup serta perilaku yang positif. Asupan makanan untuk bayinya harus mengandung 4 sehat 5 sempurna Bahkan lebih baik jika ditambah dengan vitamin. Sehingga bayi yang lahir menjadi yang diharapkan oleh kedua orang tuanya,” ujarnya.

Adapun jumlah kasus stunting di Kabupaten PPU disebutkan oleh Dandim mencapai 897 kasus. Dari empat kecamatan yang ada di kabupaten ini, kecamatan Sepaku menjadi wilayah yang paling tinggi kasus stunting.

“Kecamatan Sepaku mencapai angka 378 kasus stunting. Jika dilihat dari kecamatan Sepaku, wilayah yang paling jauh dari pusat pemerintahan. Sehingga kita harus lebih memberikan perhatian di sana,” ujarnya.

Dalam upaya mencegah stunting, pihaknya bersama dengan Dinas Kesehatan, Pengadilan Agama, Dinas sosial, dan dinas terkait secara rutin menggelar sosialisasi.

“Kami dengan dinas terkait selalu melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah ataupun di tingkat desa/kelurahan/kecamatan. Intinya yang terpenting pola hidup sehat, yang memang bergizi agar terhindar dari stunting,” ucapnya. (yn)

Penulis: Dian MS

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.