Ketua Hipmi PPU : Sektor UMKM Jadi Salah Satu Jalan Di Masa Pandemi

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten PPU Sayyid Hasan

BERITAPENAJAM.Net,- Tepatnya sudah setahun lebih kondisi Pandemi Covid 19 hingga saat ini belum berakhir, menimbulkan permasalahan ekonomi di kalangan masyarakat secara menyeluruh. Hal ini juga terjadi di Penajam Paser Utara (PPU), selain banyak perusahaan-perusahaan melakukan pengurangan karyawan dan semangkin banyaknya pengangguran.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten PPU, Sayyid Hasan juga menanggapi dirinya menjelaskan bahwa peningkatan ekonomi dapat dilakukan melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu solusi di tengah pandemi saat ini.

Pasalnya kondisi saat ini mengenai hal tersebut merupakan sesuatu yang potensial untuk melakukan perputaran uang didaerah (Velositas).

Lanjut Ketua HIPMI PPU itu menyampaikan, kondisi saat ini bahwa suatu masalah yang terjadi pada negri ini jadikanlah sebuah peluang bagi pelaku UMKM di Kabupaten PPU.

“Oleh sebab itu butuh kreatifitas dan pembacaan peluang dalam kondisi saat ini. Dan saat ini UMKM salah satu solusinya agar perputaran ekonomi di daerah kita tetap berputar normal,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, peran serta semua elemen masyarakat untuk bahu membahu dalam menghidupkan UMKM yang ada di PPU.

“Ini butuh peran semua elemen masyarakat, terkhusus kepada pengusaha-pengusaha warung moderen (swalayan) dalam memfasilitasi pelaku-pelaku UMKM yang ada di daerah terlebih lagi kondisi pandemi untuk dapat di pertimbangakan sehingga masyarakat yang bergerak di UMKM dapat terfasilitasi,” ucapnya.

Menurutnya, bahwa banyak produk-produk rumahan yang dapat berkembang di PPU namun saat ini belum terfasilitasi dengan optimal.

“Dari hasil kita di lapangan, banyak orang tua – orang tua kita yang menciptakan produk rumahan namun kebanyakan  dari mereka terkendala dari lebel dan kelengkapan serta akses atau fasilitas pemasaran dari hasil yang di olah mereka,” tutur pria yang juga beraktifitas sebagai jurnalis di Kabupaten PPU.

Tidak hanya itu, Pria yang akrab dipanggil bang said ini juga menyampaikan bahwa pandemi memang cukup berpengaruh namun untuk membangkitkan kembali giroh ekonomi butuh peran semua baik pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat secara umum.

“Semangat untuk terus bergerak dan bertahan dalam kondisi pandemi saat ini harus kita pertahankan. Dan ini butuh peran kita semua, yang terpenting kita tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas ekonomi,” tandasnya (sr5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pengamanan Aset Negara Pemkab PPU, Stikerisasi Mobil Dinas

Sen Mar 8 , 2021
BERITAPENAJAM.Net,- Tepatnya sudah setahun lebih kondisi Pandemi Covid 19 hingga saat ini belum berakhir, menimbulkan permasalahan ekonomi di kalangan masyarakat secara menyeluruh. Hal ini juga terjadi di Penajam Paser Utara (PPU), selain banyak perusahaan-perusahaan melakukan pengurangan karyawan dan semangkin banyaknya pengangguran. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia […]
%d blogger menyukai ini: