Ketua HIPMI PPU Harap Pelaku UMKM Siapkan Diri Sambut IKN Nusantara

by -181 Views

BERITAPENAJAM – Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sayyid Hasan harap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menyiapkan diri untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

“Khususnya yang hari ini fokus bicara tentang UMKM. Kita harus mempersiapkan diri dalam arti mempersiapkan apa yang menjadi sebuah kebutuhan di sana (IKN Nusnatara) dan apa yang bisa kita perbuat di IKN Nusantara nantinya,” ujar Sayyid, Senin (28/11/2022).

 

Dikatakan oleh pria yang sehari-hari beraktivitas di jurnalistik itu bahwa kesiapan pelaku UMKM dalam menyambut IKN Nusantara membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah.

 

“Saya pikir ini butuh peran semua elemen, bukan hanya teman-teman di HIPMI termasuk juga pemerintah daerah bisa saling support apa yang menjadi kesiapan-kesiapan kita terhadap pemindahan di IKN,” ujarnya.

 

Menurut Sayyid, pemindahan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku membawa dampak positif, namun belum secara signifikan dirasakan oleh pelaku UMKM lokal.

 

“Kita gak bisa pungkiri bahwa ada dampak positif terkait hadirnya IKN Nusantara di PPU, tapi itu belum bisa dirasakan secara signifikan. Kenapa? karena peran andil masyarakat khususnya pelaku UMKM itu belum betul-betul terasa,” ujarnya.

 

Meski demikian, dengan hadirnya IKN Nusantara cukup memberikan dampak yang baik, bagi perekonomian daerah. Lantara banyak masyarakat lokal maupun luar kota berdatangan hanya untuk melihat Ibu Kota baru, hal itupun berpengaruh kepada pelaku UMKM lokal.

 

 

“Informasi yang kita dapat cukup meningkat dan peningkatan ekonomi khususnya pendapatan di teman-teman pelaku UMKM itu ada peningkatan,” tuturnya. (dms)

 

 

Penulis : Dian

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.