Keterbatasan Anggaran, Lahan Kosong Area Pasar Induk Penajam Tidak Tersentuh Tahun Ini

by -334 Views

BERITAPENAJAM.Net – Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berencana akan memanfaatkan lahan yang belum tersentuh di kawasan Pasar Induk Penajam untuk merelokasi pedagang pasar malam. Namun, terjadinya defisit keuangan daerah, proses pemerataan lahan (Land Clearing) sekaligus pemasangan paving block dipastikan tidak dilakukan tahun ini.

“Kami berencana ingin memanfaatkan lahan kosong itu untuk merelokasi pedagang pasar yang berjualan di malam hari, tapi sepertinya perlu pemadatan dan pemerataan tanah terlebih ddahulu sehingga lahan menjadi bersih,” ungkap Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU PPU, Supardi, Jum’at (4/8/2017).

Supardi menuturkan bahwa proses itu butuh anggaran lebih dari  600 juta untuk proses Land Clearing dan pemasangan block beton dilahan seluas 1 hektar tesebut. Meski tidak terlalu besar, namun dengan kondisi keterbatasan anggaran, kemungkinan pelaksanaannya tidak dikerjakan tahun 2017 ini. Pihaknya tidak terlalu yakin alokasi Land Clearing dan pengerasan lahan masuk di anggaran perubahan 2017 karena hal itu dinilainya tidak mendesak.

“Kemarin kita juga sempat mengusulkan (pemerataan tanah) itu, tapi ya lagi lagi kondisi anggaran seperti ini kita pesimis  apakah nanti dapat dialokasikan untuk pemerataan itu,” tuturnya saat dijumpai rekan media.

Dia mengungkapkan, usulan pemasangan paving block sudah disampaikan oleh Unit Pengelola Teknis (UPT) Pasar Induk, tetapi sejauh ini belum terakomodir.

Dirinya berharap proses pemanfaatan lahan kosong di area Pasar Induk Penajam mendapat porsi anggaran di APBD 2018, “Ya kita tentunya berharap dapat alokasi anggaran di tahun depan, karena tahun ini sudah tidak memungkinkan,” harapnya.(Win/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.