Kepala Dinas Pertanian Akan Bentuk Ikatan Sarjana Peternakan

BERITAPENAJAM.Net – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Joko Dwi F akan melakukan pendataan kepada sejumlah sarjana lulusan perternakan. Hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam dunia peternakan.

“Ada beberapa terobosan yang akan kami lakukan untuk perternakan. Karena anggaran kita itu terbatas, kami berusaha untuk mengoptimalkan dan akan membentuk ikatan sarjana peternakan Penajam Paser Utara,” ungkap Joko, Selasa, (22/8).

Dirinya menuturkan bahwa dari data yang terkumpul sebanyak 21 orang lulusan S1 dan 10 orang lulusan D3 peternakan di Penajam Paser Utara, juga akan melibatkan pelajar SMK lulusan Peternakan dan membentuk ikatan sarjana perternakan.

“Jika ini sudah terbentuk, kami akan bekerja sama dengan pihak bank, untuk meminjam modal awal usaha didunia peternakan,” tuturnya.

Joko mengungkapkan di Kalimantan Timur (Kaltim) Khususnya di Penajam Paser Utara dirinya optimis dunia usaha peternakan akan berkembang karena telah didukung oleh Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga pihak pemeritah dapat memanfaatkan ternak local dan tidak mengimpor dari daerah luar.

“Sapi untuk dikomsumsi di Kalimantan ini kekurangan, sehingga harus mendatangkan dari daerah luar, jika kegiatan yang akan kita lakukan ini berjalan dengan baik, tentunya tidak perlu lagi mendatangkan ternak dari daerah lain,” ungkap Joko.

Hal tersebut menurutnya sulit, tetapi dirinya akan bekerja keras agar kolaborasi terbentuk, karena ada beberapa yang terbukti seperti kredit sapi usahanya berhasil.

“Sudah terbukti ada masyarakat yang dulunya ternak sapinya hanya 20 ekor, sekarang itu sudah mencapai 50 ekor, seandainya semua lulusan peternakan begitu, luar biasa pergerankannya,”tutupnya.(Win/Ril)

Posted in PPU

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Mustaqim: Potensi Padi di PPU Sangat Menjanjikan

Sel Agu 22 , 2017
BERITAPENAJAM.Net – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Joko Dwi F akan melakukan pendataan kepada sejumlah sarjana lulusan perternakan. Hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam dunia peternakan. “Ada beberapa terobosan yang akan kami lakukan untuk perternakan. Karena anggaran kita itu terbatas, kami berusaha untuk […]
%d blogger menyukai ini: