Kepala Badan Otorita IKN Ditetapkan, Plt. Bupati PPU Harap IKN Dapat Bersinergi Dengan Daerah

by -338 Views

BERITAPENAJAM – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam berharap kepada Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten PPU dan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

 

Pasalnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menunjukkan Bambang Susantono untuk menjadi kepala Otorita IKN Nusantara dan Dhony Rahajoe seebagai wakil otorita.

 

“Harapan terbesar kami Otorita IKN bisa bersinergi dengan pemerintah daerah PPU dan Kutai Kartanegara,” harap Hamdam, Kamis (10/3/2022).

 

Pelantikan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN sendiri akan dilaksanakan di Instana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (10/3/2022) sore.

Menurut Hamdam, keputusan Joko Widodo memilih Bambang Susantono sebagai kepala otorita merupakan keputusan yang tepat.

 

Sebab, dari latar belakang pendidikan, Bambang Susantono merupakan lulusan Pascasarjana Universitas California Berkeley tahun 1996 dengan gelar Master Tata Kota. Tentu keputusan itu sangat tepap dalam rangka pembangunan IKN.

Selain itu ia juga mendapatkan gelar MSCE pada tahun 1998 bidang teknik transportasi dari Universitas California Berkeley. Selanjutnya pada tahun 2000 ia mendapat gelar doktor di bidang perencanaan infrastruktur di Universitas California.

Bambang yang lahir di Yogyakarta pada 4 November 1963 pernah menduduki sejumlah jabatan di pemerintahan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia diangkat menjadi Deputi Menko Perekonomian Bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada 2007 hingga akhirnya menjadi Wakil Menteri Perhubungan pada 2009.

 

Bambang juga aktiv dalam organisasi, salah satunya adalah ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Kemudian pernah menjabat sebagai Presiden Intelligent Transport System Indonesia (ITS Indonesia).

“Bambang Susantono adalah figur yang akan diterima oleh masyarakat Kaltim. Beliau juga memiliki latar belakang pendidikan formal yang sesuai kebutuhan pemindahan IKN dan familiar dengan organisasi tingkat dunia. Saya pikir itu pilihan paling tepat,” ujar Hamdam. (ADV).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.