Keberhasilan Pilkada Parameternya Kualitas Kinerja Panswaslu

by -110 Views

BERITAPENAJAM.Net-Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Pilgub, Pileg, dan Pilpres tahun 2018-2019 sudah didepan mata, semua tentu menginginkan pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman, damai, dan lancar, agar harapan tersebut dapat tercapai tentu dibutuhkan kesiapan kerja keras, kesungguhan dan kerjasama antar semua komponen terkait dengan pelaksanaan tersebut, termasuk Panwaslu sebagai pengawas kegiatan Pemilukada, baik di tingkat kabupaten maupun ditingkat kecamatan.

Demikian sambutan Bupati PPU H Yusran Aspar dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Setkab PPU H Firmansyah pada pelantikan Anggota Panwalu Kecamatan se Kabupaten PPU di Hotel Ika (21/10). Menurutnya Panwaslu merupakan bagian terpenting dari proses pelaksanaan Pemilukada, sebab Panwaslu memiliki peran strategis dan sangat menentukan terhadap suksesnya penyelenggaraan Pemilukada, mengingat Panwaslu merupakan lembaga yang memiliki tugas dan wewenang untuk memastikan penyelenggaraan Pemilukada yang taat asas dan taat aturan.

“Beratnya tantangan yang akan datang, tentunya dibutuhkan Panwascam yang solid, profesional dan netral. Solid yaitu Panwascam harus mampu membangun pondasi dan perisai yang kokoh kuat dalam menjalankan tugas, wewenang serta kewajibannya terkait dengan pelaksanaan Pemilukada. Profesional berarti mampu melaksanakan tugas dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegasnya

Sedangkan netral lanjutnya berarti tidak memihak kepada kepentingan salah satu calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati, melainkan memihak kepada kepentingan umum dan masyarakat luas sesuai dengan asas-asas Pemilu sebagaimana telah diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 10  Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Hal tersebut imbuhnya merupakan modal dasar bagi Panwascam dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Pilgub, Pileg, dan Pilpres yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil sebagaimana harapan kita semua.

“Namun saya yakin dan percaya bahwa Saudara-saudara anggota Panwascam yang baru dilantik akan dapat mengemban tanggung jawab yang sangat berat ini, sebab yang bersangkutan  adalah orang-orang terpilih yang memiliki kapabilitas dan integritas sebagai anggota Panwascam.

Firmansyah mengajak kepada anggota Panwascam yang baru dilantik untuk segera mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Ia meminta kepada anggota Panwascam agar melaksanakan tugas pengawasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, berikanlah infomasi selengkap-lengkapnya kepada semua pihak mengenai tugas maupun aturan yang berlaku pada mereka, jalankan tugas dengan transparan sesuai dengan tupoksi yang telah diatur, terapkanlah mekanisme kerja yang jelas dan terukur.

Sementara Ketua KPUD PPU Feri Mei Efendi berharap  kepada anggota Panwascam dalam melaksanakan tugasnya dapat menjungjung tinggi nilai-nilai integritas, karena suksesnya Pemilu itu parameternya adalah kualitas kinerja nya, berkualitas hasilnya dan integritas penyelenggaraannya, dari KPU sendiri,” hingga saat ini kami dari KPUD PPU masih terus melakukan tahapan untuk menuju Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018 saat ini kami masih dalam proses seleksi untuk pengawas berbagai tingkatan yang kinerjanya melakukan pengawasan mulai kabupten, keacamatan sampai pada tingkat desa,” ujar  Feri Mei Efendi (humas8)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.