Keberhasilan Pembangunan di Kelurahan Sotek

by -171 Views

BERITAPENAJAM.Net– Lurah Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Zainal Arifin menyebutkan sejumlah keberhasilan pembangunan di wilayahnya, ia menjelaskan Kelurahan Sotek dalam membangun sejumlah infrastruktur atapun fasilitas lainnya dengan melayangkan sejumlah usulan baik kepada pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat, adapun pembangunan yang telah berhasil terealisasi sejak 2014 hingga 2017 ini antara lain

  1. Pengadaan bangunan PDAM dan pipanisasi yang dananya dari APBD Provinsi, dan embung seluas 4,3 hektare, dari dana APBD PPU, dimana lahan embung telah dibebaskan sebesar Rp 1,5 Miliar, air PDAM sudah mengalir ke 285 pelanggan di Kelurahan Sotek.
  2. Jalan provinsi telah dilakukan semenisasi sepanjang 4 kilometer, dari batas kelurahan Sepan hingga batas kelurahan Buluminung, dananya dari APBD Provinsi.
  3. Rumah Gakin sebanyak 15 unit, dananya dari APBD Provinsi, nilai per unit Rp 65 Juta.
  4. Penyediaan perlengkapan Rumah berupa atap, lantai dan dinding (Aladin), Kelurahan Sotek yang semula diusulkan untuk 100 KK namun mendapatkan rumah Gakin sebanyak 50 KK dari Dana APBN.
  5. Pembangunan 7 buah MCK Umum di RT 06 yang dananya dari APBD Provinsi kemudian yang 2 buah MCK umum di RT 1 dan RT 12 dana dari APBN Pusat.
  6. Semenisasi jalan Kuburan Muslimin dan Kristen serta jalan Bongan dananya dari APBD Kab PPU.
  7. Peningkatan jalan Mariango dari Dana APBD PPU.
  8. Pengadaan 2 unit Mobil PMK disertai personil sebanyak 11 orang didanai APBD PPU.
  9. Perbaikan dan pembuatan embung bagi 5 kelompok tani pengerjaannya dilakukan oleh UPT PU Kecamatan Penajam.
  10. Pembuatan sertifikat tanah merupakan Program Pemerintah Pusat khusus Kelurahan Sotek telah mendapatkan 50 bidang tanah atau 50 sertifikat, sekarang sudah selesai hasil kordinasi dengan BPN, Badan Keuangan –Aset Daerah dan Kelurahan Sotek.
  11. Koordinasi Kelurahan Sotek dengan PT Fajar Surya Suadaya tentang pengerasan jalan perusahaan yang sekarang ini digunakan oleh perusahaan untuk pengangkutan kayu. 12. Rencana usulan kepada Dinas UMKM, Perindag Kabupaten PPU untuk peningkatan pembangunan Pasar di Kelurahan Sotek yang dananya diusulkan kepada Pemerintah Pusat.

“Ususlan-usulan yang baru adalah pembangunan pabrik kertas di Kelurahan Sotek dan Kelurahan Buluminung, yang dilkuukan PT Agra Bareksa Indonesia (ABI), koordinasi dilakukan antara perusahaan, LPM, RT-RT dan Pemerintah Kabupaten PPU, hal ini kami anggap sangat penting kami lakukan agar tidak ada gejolak sosial di masyarakat,” uangkapnya.

Ia juga menggagas rencana pembangunan perkebunan karet di kilometer 32 Jalan Bongan bersama PT Mitra Mulia Mahakam yang sekarang dalam proses pengerjaan lokasi seluar kurang lebih 50 000 (lima puluh ribu) hektare, status lahan HTI diluar wilayah Kelurahan Sotek, lokasi terdapat diwilayah Kecamatan Waru dan Kecamatan Penajam, berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten PPU.

“Itulah sejumlah pembangunan yang berhasil kami lakukan di Kelurahan Sotek, dengan demikian Kelurahan Sotek dan Kelurahan-kelurahan yang ada disekitarnya dapat mendukung serta bekerja sama karena Kelurahan Sotek terbilang Kelurahan yang ramai penduduk sehingga dapat hidup sejahtera baik sosial maupun menyangkut kehidupan masyarakat serta kondisi mata pencaharian lainnya,” tambahnya.

Selaku Lurah, Zainal Arifin juga mengusulkan peningkatan jalan lingkungan di RT 07 dan RT 08, ke Pemerintah Provinsi dan jalan yang ada di RT 11 sampai RT 04 yang merupakan jalan lingkungan, ke dua rus jalan tersebut sepanjang 8 kilometer,”terkait usulan ini kami sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Kaltim, kami mohon saran soal persyaratan apakah harus melalui Bupati ataukah langsung agar realisasi dana pembangunan dari pemerintah provinsi tersebut bisa terrealisasi,” ujarnya.. (iskandar) 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.