Kawasan Industri Buluminung Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

BERITAPENAJAM.Net-Memang tidak berlebihan jika Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar sempat diberitakan dalam sebuah media disebut sebagai bupati berwawasan gubernur.  Jika  melihat Visi dan misi serta gagasan pembangunan yang dijalankan orang nomor satu di PPU ini hampir seluruhnya berwawasan kedepan untuk dinikmati saat ini dan masa akan datang.

Bahkan dalam satu kesempatan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak mengatakan bangga dengan seorang Yusran Aspar yang memiliki visi dan misi sama seperti dirinya selama ini.

“Memang jika seorang kepala daerah atau bupati ingin populer  bisa saja mereka melaksanakan pembangunan secara instan, dengan kata lain  pembangunan dikerjakan satu atau dua tahun selesai tanpa memikirkan masa depan daerah itu. Tetapi seorang Yusran Aspar tidak demikian. Beliau benar-benar menata pembangunan daerahnya agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat PPU untuk jangka waktu yang panjang kedepan. Salah satu contoh adalah Kawaan Industri Buluminung (KIB) yang ada di PPU tersebut” beber Awang.

Kata Awang langkah tersebut menurutnya, tentu sangatlah  sejalan dengan apa yang menjadi visi dan misi dirinya sebagai Gubernur Kaltim. Walaupun terkadang orang menilai gagasan dan ide tersebut adalah sebuah mimpi namun tidak menjadi persoalan, karena kritikan sebagi seorang pemimpin ungkap dia adalah hal yang wajar terjadi, selain itu pastilah sebagian orang belum memahami kondisi itu sesungguhnya.

Gubernur Awang Faroek Ishak mengatakan KIB milik PPU  yang telah terintegrasi dengan Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan bahkan kini merupakan salah satu dari tiga kawasan industri di Kaltim yang telah menjadi atau dianggap sebagai  proyek strategis nasional oleh Presiden.

“Dua Kawasan yaitu KIB milik Pemkab PPU dan KIK milik Pemkot Balikpapan yang saya prakarsai kini telah terkoneksi melalui jembatan Pulau Balang  yang saat ini dalam proses penyelesaian pembangunannya. Berdasarkan data yang ada pada Kementerian perekonomian bahwa kedua kawasan ini telah terdaftar dalam proyek strategis nasional” kata Awang Faroek Ishak belum lama ini.

Seperti diketahui, memang perjuangan seorang bupati Yusran Aspar untuk pengembangan kawasan industri di Kabupaten PPU sangatlah luar biasa. Salah satu contoh, dalam lingkup KIB saat ini PPU telah kehadiran sebuah perusahan besar yaitu  PT Agra Bareksa Indonesia (ABI) yang merupakan sebuah pabrik Pulp And Paper atau pabrik kertas yang diperkirakan membutuhkan tenaga kerja lebih dari 20 ribu orang yang kini pembangunannya telah mencapai 85 persen..

Kemudian dalam wilayah KIB PPU juga telah berdiri sejumlah perusahaan besar dengan nilai investasi hingga Triliunan rupiah. Belum lama ini, PT Waskita Karya juga membangun sebuah Pabrik Precast atau pembuatan tiang pancang jembatan untuk indonesia wilayah timur yang akan berdiri di atas lahan 11 ha ini ditargetkan akan rampung Juni mendatang

“Ini merupakan komitmen pemerintah daerah Kabupaten PPU dalam rangka mewujudkan pembangunan di daerah. Alhamdulillah  kini pelaksanaan pembangunan  yang ada di kawasan industri Buluminung ini sudah terlihat progresnya. Kami berharap ini semua kedepan dapat bermanfaat dan dirasakan oleh seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten PPU, “kata Bupati PPU, Yusran Aspar disela-sela kunjungannya itu belum lama ini. (Humas6)

 

Random Posts

Leave a Reply