Karnaval Reog oleh Ikapakarti untuk Meriahkan HUT PPU Ke 15

BERITAPENAJAM.Net– Peringatan hari jadi ke 15 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada tanggal 11 maret kemaren, diwarnai dengan  kegiatan Gebyar Budaya Reog yang diprakarsai oleh Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) berupa Karnaval yang dipusatkan di Taman Rozline sampai ke kantor Bupati.

Turut hadir dalam kegitan karnaval budaya yaitu Bupati, Wakil Bupati Ketua DPRD dan Ketua Ikapakarti yang juga sekretaris daerah, dari semua unsur FKD yang hadir dinaikan ke dada merak reog.

“Karnaval reog diikuti oleh sekitar 250 orang dari komunitas- komunitas seni seluruh Kecamatan yang ada di PPU dan ada juga dari komunitas seni reog dari Bontang dan Balikpapan, kegiatan ini dalam rangka memeriakan hari jadi ke 15 kabupaten PPU dan nanti akan digelar lebih semarak lagi dari tanggal 23- 28 Maret yang kita namakan gebyar budaya” Ungkap Suyanto selaku koordinator kegiatan.

Bupati memberi apresiasi kepada para pelaku kesenian bahwa pembangunan ini harus seimbang fisik dan non fisik. “Kita harus mempunyai kepribadian dalam budaya diantara saya menggelorakan salam kedaerahan bagian dari melestarikan budaya termasuk budaya kita ini yang tampil harus kita lestarikan jangan sampai hilang, dan saya ucapkan terima kasih kepada inisiator kegiatan,” Ungkapnya.

“Kegiatan ini sebenarnya bukan hanya Ikapakarti saja, kita sesungguhnya telah menyurati peguyuban-paguyuban yang lain untuk berpartisipasi, dan yang hadir saat ini dari paguyuban suku Paser. Harapan saya ini menjadi momentum hari jadi PPU ke 15, dari momentum ini kita bisa menunjukkan eksistensi diri kita dengan tampilnya kebudayaan-kebudayaan dan Ikapakarti bisa bersinergi dengan paguyuban daerah lain untuk membangun daerah kita ini,” Ungkap Tohar.

Tohar juga mengingatkan kepada paguyuban yang berasal dari tanah jawa dari ujung barat sampai ujung timur untuk segera melakukan konsolidasi internal paguyubannya dan mendaftarkan diri di Ikapakarti. Sesungguhnya Ikapakarti di dalamnya terdiri dari paguyuban- paguyuban yang berasal dari tanah jawa, pengurus yang telah dibentuk melalui pemilihan demokratis pada 13/10/2016, Insya Allah pada tanggal 27 maret mendatang akan dilantik oleh ketua umum Ikaparkati Provinsi Kaltim dan pada acara pelantikan nanti kami akan menggelarkan pertunjukan wayang kulit dengan dalang Ki Manteb Sudarsono.

“Berkenaan dengan kegiatan yang mengiringi kegiatan tersebut mulai tanggal 23 – 27 maret akan kita isi dengan parade budaya yang akan kita isi dari berbagai macam budaya yang ada di PPU, sembari kita menyampaikan kepada masyrakat sekaligus bagian dari kinerja pemerintah daerah dalam rangka membina pelaku usaha tergolong IKM dan UKM oleh karena itu mari manfaatkan bagi pemilik kegiatan usaha sekaligus pemerhati dan pemulya budaya untuk mengambil bagian dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 15 Kabupaten Penajam Paser Utara dan secara bersama-sama dengan paguyuban-paguyuban yang lain mari kita brgandengan tangan sesuai dengan proporsi kita masing– masing untuk mengambil bagian dalam ranngka dinamika pembangunan PPU,” tegas Tohar. (Humas/Nit)

beritapenajam.net

Leave a Reply

Next Post

Bupati PPU Tandatangani MOU Antara Pemda PPU dengan BPD

Mon Mar 13 , 2017
BERITAPENAJAM.Net– Peringatan hari jadi ke 15 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada tanggal 11 maret kemaren, diwarnai dengan  kegiatan Gebyar Budaya Reog yang diprakarsai oleh Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) berupa Karnaval yang dipusatkan di Taman Rozline sampai ke kantor Bupati. Turut hadir dalam kegitan karnaval budaya yaitu Bupati, […]
%d bloggers like this: