Kagama Kaltim Kenalkan Tehnik Batik Ecoprint, Bakal Latih Masyarakat 

by -309 Views

BERITAPENAJAM – Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) Kalimantan Timur (Kaltim) bekerjasama dengan pemerintah daerah Penajam Paser Utara (PPU) untuk ciptakan karya Ecoprint.

 

 

Ketua Pengurus Daerah Kaltim Kagama Lalu Fauzul Idhi mengatakan dalam kerjasama ini pihaknya akan melatih masyarakat Benuo Taka untuk membuat sebuah karya menggunakan metode Ecoprint.

 

“kami jajaran pengurus pengurus daerah Kagama wilayah Kaltim ingin memperkenalkan kepada masyarakat Kabupaten PPU, agar masyarakat PPU bisa membuat sebuah karya dengan metode ini, ” ucap Lalu, Kamis (5/1/2023).

 

Dibebaskan Lalu, Ecoprint adalah sebuah tehnik membatik dengan cara ramah lingkungan. Dengan menggunakan warna-warna alami dan tumbuh-tumbuhan seperti dedauanan.

 

Motif Ecoprint yang dihasilkan juga cukup menarik, bentuk dedauanan dan ranting dengan warna-warna nyang natural menghiasi seutai kain.

 

Metode ecoprint merupakan suatu jenis atau satu cara memanfaatkan selembar kain putih dengan ukuran tertentu yang memiliki nilai ekonomi. Dengan memanfaatkan pewarna natural dari alam seperti dedaunan.

 

“Metode ini sama dengan tehnik membatik pada umumnya, seperti dengan melakukan jumputan, pesirangan tenun dan lain sebagainya, ” tuturnya.

 

 

Dikatakan Lalu, pihaknya memilih Kabupaten PPU untuk menjalin kerjasama lantaran wilayah ini merupakan daerah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

“ini jadi peluang mayarakat PPU untuk mengembangkan potensi dan seni membatik dengan metode yang ramah lingkungan, ” tuturnya.

 

 

penulis : Dian Ms.

 

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.