Kabupaten Sarmi Contoh Kemajuan di PPU

BERITAPENAJAM- Sekretaris Daerah (Sekda) Penajam Paser Utara (PPU) Tohar menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota DPRD Kabupaten Sarmi Provinsi Papua, Selasa, (15/10) di Kantor Bupati PPU. Rombongan ini terdiri dari Ketua DPRD, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan sejumlah pendamping lainnya.

Dari kunjungan ini diketahui kabupaten yang usianya sama dengan Kabupaten PPU tersebut ingin belajar tentang berbagai kemajuan yang ada di Kabupaten PPU seperti tentang kesehatan geratis, perlengkapan sekolah geratis, peningkatan sektor perikanan, UPT PU Kecamatan, ambulan desa dan sebagainya.

Dalam kesempatan ini Tohar mengatakan bahwa sejumlah keberhasilan dan kemajuan daerah yang telah dicapai oleh Kabupaten PPU sesungguhnya tidaklah mudah atau ujuk-ujuk ada. Namun juga membutuhkan proses dan tahapan demi tahapan. Sebut saja pembentukan UPT kecamatan yang ada di Kabupaten PPU hingga saat ini prosesnya terhitung panjang.

Saat itu di tahun 2004 beber Tohar, Kabupaten PPU mulai menjalankan program pemberdayaan masyarakat desa. Dalam waktu yang bersamaan ketika itu PPU juga menerbitkan kebijakkan lokal yaitu pembangunan sawit rakyat kepada petani, mulai pemberian bibit sawit hingga sarana penunjang lainnya termasuk pupuk dan fasilitas lainnya dibantu pemda.

Ketika umur sawit mulai panen tambah Tohar, petani merasa mulai kesulitan mengeluarkan hasil produksi mereka yang ada untuk ke pembeli karena tidak adanya insfrastruktur jalan yang memadai .

Belum lagi persoalan-persoalan insfratruktur lainnya yang bersipat segera penanganannya mulai jalan rusak, drainase, jembatan dan sebagainya yang diusulkan masyarakat kepada pemda PPU cenderung sulit karena proses yang panjang. Selanjutnya dengan berbagai alasan inilah langkah kongkritnya saat itu adalah dibentuknya lembaga UPT kecamatan yang merupakan perpanjangan tangan tehnis Dinas PU Kabupaten PPU.

“Maka dengan berbagai alasan inilah pemerintah daerah melakukan pembentukan UPT PU dimasing-masing kecamatan yang ada. Kemudian Pemda juga menyediakan seperangkat alat berat yang disiapkan di masing-masing UPTkecamatan dan
sejumlah personil yang disiapkan terhadap tugas yang dijalankan,” kata Tohar.

Begitu juga dengan inovasi lainnya yang telah berhasil di Kabupaten PPU. Sebut saja program ambulan desa, kesehatan geratis hingga perlengkapan sekolah gratis bagi siswa-siswi mulai tingkat PAUD hingga SMP semua juga membutuhkan tahapan.

Sementara itu Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sarmi, Enos Dimomonmau mengatakan bahwa Kabupaten PPU merupakan salah satu kabupaten maju di Kalimantan Timur bahkan di Indonessia. Berbagai inovasi daerah telah mampu dikembangkan dengan baik hingga membawa kemajuan bagi daerahnya.

” Melihat berbagai kemajuan yang ada di Kabupaten PPU inilah makanya kami sangat tertarik untuk melakukan kunjungan kerja ke PPU, ” kata Enos Dimomonmau.

Dia mengatakan berbagai kekurangan diakui masih terjadi di kabupaten mereka sehingga masih harus banyak belajar dari kabupaten lain. Ia juga berjanji apa yang telah diperoleh dari PPU ini akan ia laporkan kepada bupati Sarmi.

“Sejumlah kemajuan yang ada di Kabupaten PPU ini akan kami jadikan contoh di daerah kami sebagai inovasi baru untuk daerah, ” tambahnya.

Dalam kesempatan ini rombongan juga memberikan kenang-kenangan sejumlah bingkisan Kepada Bupati PPU yang diterima oleh Tahar. Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama di halaman depan kantor bupati PPU. (humas6)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Membentak Anak Berdampak Buruk Perkembangan Otak

Sen Okt 21 , 2019
BERITAPENAJAM- Sekretaris Daerah (Sekda) Penajam Paser Utara (PPU) Tohar menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota DPRD Kabupaten Sarmi Provinsi Papua, Selasa, (15/10) di Kantor Bupati PPU. Rombongan ini terdiri dari Ketua DPRD, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan sejumlah pendamping lainnya. Dari kunjungan ini diketahui kabupaten yang usianya sama dengan […]
%d blogger menyukai ini: