Kabupaten PPU Bakal Sediakan Layanan Darurat atau Call Center 112

by -336 Views

BERITAPENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) PPU menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Layanan Call Center 112 bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di Ruang Pertemuan Lantai III, Kantor Bupati PPU, Rabu (7/9/2022).

Kepala Diskominfo PPU, Budi Santoso mengatakan tujuan dilaksanakannya FDG dalam rangka sarana sosialisasi, diskusi, serta persiapan terkait rencana program Call Center 112 yang dilaksanakan oleh Diskominfo PPU Tangerang bersama 10 SKPD khususnya yang bertanggungjawab dalam menangani kejadian kedaruratan.

“Setelah ini sudah terintegrasi dengan kawan-kawan di SKPD. Sesuai dengan fungsinya dan lain sebagainya. Maka sepantasnya kita akan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pengunaannya,” ujar Budi.


Kepala Diskominfo PPU Budi Susanto (Beritapenajam/Dian).

Budi menjelaskan, 10 SKPD yang terintegrasi dalam pelayanan Call Center 112 diantaranya adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU, Dinas Kesehatan, RSUD Ratu Aji Putri Botung, Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) PPU, Dinas Perhubungan (Dishub) PPU, Dinas Sosial (Dinsos) PPU, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PPU, dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) PPU.

“Kami juga akan berkerjasama dan berintegrasi dengan call center 110 dari Kepolisian. Jadi nanti bukan hanya Call Center 112 tapi juga 110 juga akan bersama sama kita disini. Untuk lokasi call center saat ini di Kominfo PPU,” ujarnya.

Dalam melaksanakan program pelayanan Call Center 112, Budi mengungkapkan mendapatkan dukungan gratis dari perusahaan. Meski demikian, pihaknya mengaku akan merencanakan menganggarkan dana untuk program pelayanan Call Center 112 pada tahun 2023 mendatang.

“Kami dibantu gratis oleh PT Digital Sandi informasika (DSI) untuk sampai dengan ini gratis. Insya Allah tahun2023 kita coba anggarkan, karena tidak sedikit dibutuhkan anggaran terutama operasinya seperti call taker, Dispatcher, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Penulis : Dian MS

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.