Jum’at, Pesta Belian Adat Paser Nondoi Dibuka

by -250 Views

BERITAPENAJAM.Net – Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Dinas Perhubungan, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubbudpar) kembali menggelar Pesta Belian Adat Paser Nondoi 2016, yang akan diselenggarakan pada 16-23 Desember 2016 yang dipusatkan di Pasar Induk Penajam Kilometer 4 Nenang.

Kepala Bidang (Kabid) Budaya dan Pariwasata Dishubbudpar PPU, Darmawan saat ditemui mengatakan, kegiatan Pesta Adat Belian Benou Taka 2016 ini merupakan kegiatan pemerintah daerah,  namun secara teknis pelaksanaannya langsung diserahkan  kepada Lembaga Adat Paser (LAP) yang ada di PPU.

“Secara teknis di lapangan pelaksanaan kegiatan ini langsung kita serahkan kepada LAP yang sesungguhnya  memiliki kopentensi tentang kegiatan adat paser ini. Pemerintah daerah dalam hal ini memiliki peran hanya untuk memantau dan bertanggung jawab tentunya terhadap pelaksanaan kegiatan tahunan ini, “ungkap Darmawan, Kamis, (15/12) kemarin.

Dikatakan Darmawan, diperkirakan Pesta Belian Adat Paser Nondoi 2016 ini akan berlangsung meriah, karena kata dia, berbagai rangkaian acara hiburan dalam kegiatan tersebut juga dapat disaksikan langsung oleh seluruh masyarakat PPU, antara lain seperti kegiatan pagelaran hiburan rakyat, pawai budaya, pentas seni dan budaya, prosesi larung jakit dan sebagainya semua ada disana.

“Rencananya acara ini akan dibuka langsung oleh Bupati PPU, Yusran Aspar pada hari Jumat, 16 Desember 2016 pukul 13. 00 Wita di Pasar Induk, Kilometer 4 Nenang, Penajam,“ kata Darmawan, Kamis (15/12/2016).

Ia menerangkan, kegiatan ini merupakan implementasi suatu kegiatan yang memadukan unsur budaya lokal dengan unsur hiburan dan dikemas sebagai ajang untuk menampilkan beraneka ragam budaya khas daerah dalam rangka melestarikan budaya asli PPU.

Dirinya mengatakan, berbagai hiburan rakyat tersebut memang disajikan bagi seluruh pengunjung yang datang. Untuk sukses dan meriahnya acara tersebut lanjutnya,  dirinya juga mengharapkan partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat PPU.

“Kegiatan ini juga merupakan ajang promosi yang selektif dan tepat untuk membangun citra yang peduli terhadap seni dan budaya asli daerah dan meningkatkan keinginan masyarakat PPU untuk mengenal budayanya sendiri. Untuk itu, silahkan hadir dan saksikan langsung  kegiatan Pesta Belian Adat Paser Nondoi 2016 yang dilaksanakan di pasar induk kilometer 4 penajam,“ imbuhnya.(Hms6/Min)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.