Jerawat Membandel? Ini Cara Ampuh Meminimalisirnya

by -254 Views

BERITAPENAJAM.Net – Jerawat (acne vulgaris) termasuk bagian dari penyakit kulit yang timbul karena kelebihan kelenjar hormon sebaceous. Biasanya dialami oleh pria dan wanita pada awal pubertas, namun tidak sedikit mereka mengalami masalah jerawat hingga usia dewasa. Maka dari itu, disini akan sedikit kami ulas bagaimana menghilangkan jerawat batu secara mudah menggunakan bahan-bahan alami.

Ada 2 jenis jerawat, yaitu jerawat biasa dan jerawat batu. Keduanya memiliki kesamaan dalam hal penyebab timbulnya, antara lain peningkatan pertumbuhan kadar androgen pada kulit, faktor keturunan, dan kondisi pribadi si
penderita penyakit (misal; stres, siklus menstruasi, salah kosmetik, atau tinggal di daerah dengan udara kotor).

Ciri-ciri jerawat batu ketika Anda mengalaminya, kulit muka akan terasa perih. Bentuk benjolan cukup besar dan keras. Berwarna merah tua dan berisi cairan putih yang sudah mengeras. Secara medis, bakteri adalah penyebab utama jerawat batu. Kuman ini ikut serta menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan sel-sel kulit Anda mati. Lama-lama kulit wajah Anda yang berminyak akan timbul kemerah-merahan di beberapa titik, itulah perkembangan awal dari bakteri kulit.

CARA AMPUH MEMINIMALISIR JERAWAT MEMBANDEL

Awali dengan menjaga pola hidup sehat, biasakan konsumsi makanan bergizi, olah raga teratur, dan istirahat cukup. Ini akan membantu meningkatkan kebersihan jiwa-raga Anda sebelum melangkah menggunakan bahan alami ataupun kimia.

Berikut 4 bahan alami untuk mengurangi jerawat secara cepat;

  1. Air hangat

Rajin mengompres muka dengan air hangat membuat pori-pori kulit wajah terbuka sekaligus membantu menguras
bakteri penyebab jerawat. Lakukan ketika menjelang tidur malam.

  1. Lemon

Kandungan vitamin c di dalam buah lemon membantu menyegarkan kulit dan membantu menghilangkan sel kulit mati. Caranya gunakan seperti masker, belah lemon menjadi 2 bagian dan usapkan ke wajah Anda yang berjerawat secara perlahan. Biarkan hingga kering dan basuh dengan air hangat.

  1. Tea tree oil

Minyak pohon teh memiliki desinfektan yang unik dan sifat menenangkan dan tidak akan merusak kulit Anda. Bersihkan wajah dahulu, oleskan pada bagian jerawat batu Anda menjelang tidur. JIka kulit Anda sensitif, encerkan tea tree oil dengan air hangat.

  1. Minyak zaitun dan jarak

Gunanya untuk melembabkan kulit wajah Anda, sebenarnya fungsinya lebih ke terapi wajah. Caranya, cuci muka hingga bersih kemudian oleskan disertai pijatan halus pada setiap kulit wajah.

– Untuk ukuran kulit kering, teteskan 1:9 (setetes minyak zaitun dan 9 tetes air)
– Kulit normal, 2:8 tetes
– Kulit berminyak, 3:7 tetes

  1. Lidah buaya

Berfungsi untuk menyegarkan kulit dan membantu meremajakannya dari sel-sel kulit mati. Kupas lidah buaya, tempelkan di permukaan wajah yang berjerawat.

Jika cara alami menghilangkan jerawat batu diatas belum maksimal, usahakan langsung kontrol ke dokter spesialis penyakit kulit untuk mendapatkan diagnosa dan tindakan lanjut menggunakan pengobatan modern. Sekian, jika berguna jangan lupa untuk share.(*/Ril)

Sumber: Juragantips.com

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.