Jelang Ramadhan, Petugas Kesmavet Rutin Lakukan Pengawasan

by -157 Views

BERITAPENAJAM.Net– Menjelang bulan suci Ramadhan, Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menyiapkan petugas pengawas Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) di wilayah itu.

“Kita ada Kesmavet, mungkin bagi masyarakat ini masih kurang familiar. Kesmavet adalah kesehatan masyarakat kita yang berkaitan dengan veteriner (segala sesuatu yang berkaitan dengan hewan ternak dan produknya),” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian PPU Arief Murdiyatno, beberapa waktu lalu.

Arief menjelaskan, pada saat menjelang bulan suci Ramadhan seperti ini, lalu lintas hewan ternak cukup tinggi. Sehingga dengan adanya Kesmavet tersebut dapat mempermudah pengawasan terhadap hewan ternak dan produknya.

“Jadi Kesmavet bertujuan supaya produk-produk yang berasal dari ternak, baik itu daging, telur, susu akan menimbulkan efek yang positif bagi kesehatan masyarakat,” jelasnya.

Pengawasan yang dilakukan petugas Kesmavet, lanjut Arief, dimulai dari peternak hingga dipasarkan untuk menjaga kualitas daging itu sendiri.

“Disamping kita melindungi kesehatan ternaknya, kita juga dapat melindungi kesehatan konsumen untuk menjaga kualitasnya,” imbuhnya.

Saat ini petugas Kesmavet yang bertugas di kabupaten Penajam Paser Utara ada dua orang yang secara rutin melakukan pengawasan kesehatan masyarakat serta ternaknya.

“Kita juga sudah ada berangkatkan lagi dua orang untuk melakukan pelatihan pengawas Kesmavet di Jawa Timur. Jadi diharapkan masing-masing Kecamatan itu sudah ada petugas pengawas Kesmavetnya agar dapat membantu dalam pengawasan lalu lintas ternak,” harapnya.(Toy/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.