Jelang Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan PPU Pastikan Stok Beras Aman

BERITAPENAJAM.Net,- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara menyampaikan perkembangan beberapa komoditi pangan saat ini yang terbilang masih berada pada posisi aman.

Dari sebelas komoditi tersebut antara lain, Beras, Jagung, Cabe Rawit, Bawang Merah, Bawang Putih, Telur Ayam, Daging Ayam, Daging Sapi, Minyak Goreng, dan Gula Pasir.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Surito Wedari menyatakan kondisi bahan pangan pokok sebagai komoditi utama masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Terhitung pada bulan ini masih dapat katakan sangat aman untuk beberapa bulan kedepan.

” Jelang Bulan Ramadhan ini, Produksi lokal kita masih cukup aman ya sekitar 8.720 Ton, sementara pasokan dari luar  kita saat ini berada pada posisi 50 Ton,” terangnya kepada beritapenajam.

Sehingga saat ini posisi stok pangan dalam komoditi pokok sebesar 8.770 Ton masih hingga bulan Ramadhan, ucap Surito saat di wawancarai media ini diruang kerjanya Sabtu, (10/04/2021).

Ia juga menjelaskan, sementara untuk kebutuhan konsumsi sebanyak 1.500 Ton per bulan dengan jumlah penduduk PPU sekitar 181.349.

” Nah klau kita (Kabupaten PPU), punya 8.770 Ton berarti ini kan cukup untuk lima bulan kedepan bahwa kita sampaikan ini aman,” jelasnya.

Namun juga saat ini, terang Kadis Ketahanan Pangan itu mengatakan bahwa posisi komoditi masih sangat aman sementara saat ini para petani PPU dalam proses panen di beberapa kecamatan yang di PPU.

” Diwaru, Kecamatan Babulu terutama Kecamatan Penajam dan sepaku menjelang akhir musim panen, shingga angka angka ini berada pada angka tetap,” tutupnya. (sr)

Tambahnya, sementara untuk harga cabe saat ini sedikit mengalami penurunan yang cukup signifikan berada pada angka Rp, 100.000 per Kilogram yang sebelumnya pernah berada pada posisi hingga Rp, 130.000 per Kilogram.

beritapenajam.net

Leave a Reply

Next Post

Anggota DPRD Provinsi Baharuddin Muin, Lakukan Sosialisasi Perda di Kelurahan Sungai Parit

Mon Apr 12 , 2021
BERITAPENAJAM.Net,- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara menyampaikan perkembangan beberapa komoditi pangan saat ini yang terbilang masih berada pada posisi aman. Dari sebelas komoditi tersebut antara lain, Beras, Jagung, Cabe Rawit, Bawang Merah, Bawang Putih, Telur Ayam, Daging Ayam, Daging Sapi, Minyak Goreng, dan Gula Pasir. Kepala Dinas Ketahanan […]
%d bloggers like this: