Jelang Lebaran, Dinas Pertanian Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban

by -153 Views

BERITAPENAJAM.Net – Menjelang Hari Raya Idhu Adha 1438 H, Dinas Pertanian telah membentuk tim sebanyak 30 orang yang tersebar di empat Kecamatan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk melaksanakan pendataan dan pemeriksaan kelayakan hewan qurban.

Kepala Bidang Peternakan Arif Murdiyanto mengungkapkan bahwa pada tahap pertama, tim yang telah terbentuk akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan qurban.

“Yang pertama kami akan melaksanakan pemeriksaaan hewan atau Post Mortem dan selanjutnya kami juga akan kembali memeriksa seusai pemotongan hewan, sebelum didistribusikan kepada masyarakat,” ungkap Kabid Perternakan Dinas Pertanian PPU Arif Murdiyanto, Senin, (21/8).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit yang diderita hewan yang akan di qurban, seperti Anthrax dan sapi gila.

Arif kembali mengungkapkan, hingga saat ini tim telah mencatat sedikitnya 400 hewan yang akan diqurbankan. Namun jumlah tersebut akan terus bertambah sebelum hari lebaran tiba.

“Pada tahun lalu itu jumlah hewan yang diqurbankan sebanyak 594 ekor sapi, sedangkan kambing itu 130 ekor, mudah-mudahan tahun ini meningkat dari sebelumnya,” tuturnya.

Menurtut data yang diperoleh Arif, sebanyak 20 orang pedagang telah menyiapkan hewan untuk diqurbankan pada lebaran Idul Adha, namun dirinya yakin bahwa jumlah pedagang hewan tersebut akan terus bertambah. Tidak hanya sapi lokal yang diperjualkan bahkan pedagang mendatangkan sapi dari luar daerah, seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat. (Win/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.