Inilah Tips Berkendara Aman dan Nyaman Versi Kasat Lantas Polres PPU

BERITAPENAJAM.Net– Berlebaran di kampung Halaman adalah impian semua orang, terutama mereka yang bekerja mencari nafkah di perantauan, baik luar kota, provinsi bahkan yang bekerja di kabupaten lain.

Seluruh masyarakat beramai-ramai melaksanakan mudik lebaran, dengan menggunakan berbagai alat transportasi, mulai dari BUS, kendaraan Umum, Kendaraan pribadi baik mobil bahkan sebagian besar masyarakat menggunakan sepeda motor.

Padatnya arus lalu lintas serta keinginan akan segera sampai ke kampung halaman terkadang membuat para pemudik kurang berhati-hati dan tidak memperhatikan keselamatan berkendara. Hampir setiap tahunnya ada saja pemudik yang menjadi korban kecelakaan, semoga di tahun ini kita bisa melaksanakan mudik dengan aman sehingga sampai ke tujuan dengan selamat.

Kasat Lantas Polres Penajam Paser Utara (PPU) IPTU Hari Purnomo pun berbagi tips berkendara aman pada saat mudik ke kampung halaman, salah satunya yaitu menyusun agenda perjalanan sebelum berangkat.”Saat di perjalanan nanti banyak hal yang terjadi di luar prediksi dan itu akan menambah waktu perjalanan, jadi kalo ingin bepergian itu pun bisa di pagi hari agar tidak terburu – buru ketika berkendara,” ujarnya.

Hari Purnomo juga menyampaikan apabila pada saat mengendarai juga membiasakan untuk mengedepankan keselamatan berkendara atau safety riding. Bawa surat-surat kelengkapan berkendara dan mematuhi rambu lalu lintas.”Pada saat berkendara tubuh harus fit, apabila lelah atau mengantuk lebih baik beristirahat karena dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain, utamakan keselamatan pada saat berkendara dan juga pada saat ingin bepergian terlebih dahulu mengecek keseluruhan kendaraan dan memastikan kendaraan dalam keadaan aman serta yang terpenting mematuhi rambu – rambu lalulintas pada saat di jalan,”ujarnya.

Selain itu lanjut Hari, hal penting lainnya saat berkendara pastinya dari pengendara sendiri. Saat berkendara, pengendara dihimbau untuk tetap berkonsentrasi, tidak menggunakan obat-obatan terlarang dan tidak menggunakan alat komunikasi. “Pada saat mengemudikan harus berkonsentrasi, tidak mengkonsusmi narkoba, tidak menggunakan alat komunikasi karena itu mengganggu konsentrasi saat berkendara,”ucapnya.

Hari juga berpesan janganlah kebut-kebutan di jalan karena keluarga menanti anda di rumah. “Hargai pengguna jalan lain, mudiklah dengan nyaman dan aman serta selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas sehingga kita semua menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” pungkasnya. (Pad/*/nit)

 

Random Posts

Leave a Reply