Ini Pentingnya Cuci Tangan

by -223 Views

BERITAPENAJAM.Net – Mencuci tangan merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan dengan tujuan untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kulit tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun. Kebiasaan ini kita lakukan ketika sebelum makan, sesudah makan, ketika selesai bermain dari luar, setelah membuang sampah, setelah dari kamar kecil, dan kegiatan lainnya yang memerlukan cuci tangan.

Mungkin masih banyak yang mencuci tangan ala kadarnya, hanya seperlunya saja tanpa menggunakan sabun. Bahkan, ketika bepergian budaya cuci tangan digantikan oleh pemakaian hand sanitizer. Memang pemakaian hand sanitizer ini sah-sah saja bila dalam kondisi darurat tidak ada air dan sabun, asalkan tangan tidak terlalu kotor, namun untuk tangan yang kotor tetap lebih baik dengan mencuci tangan dengan air dan sabun.

Air bersih yang digunakan untuk mencuci tangan ialah air bersih yang mengalir dari kran dan sabun yang digunakan bisa sabun antiseptik atau sabun biasa (sabun mandi baik cair maupun batangan). Perbedaan antara sabun antiseptik dengan sabun biasa yaitu pada sabun antiseptik terdapat kandungan zat bakteri umum seperti Triklosan. Mencuci tangan dengan air mengalir lebih baik dibandingkan mencuci pada wadah yang sudah diisi air, dengan menggunakan air mengalir maka akan meluruhkan kotoran-kotoran yang ada di tangan.

Mencuci tangan yang benar merupakan salah satu faktor untuk menjaga kesehatan kita agar terhindar dari beberapa penyakit. Karena sebagian besar kuman penyebab infeksi berasal dari tangan. Penyakit yang dicegah dengan mencuci tangan diantaranya: penyakit diare Penyakit diare sering dikaitkan dengan kondisi air, meskipun penanganan kotoran manusia juga harus diperhatikan karena kuman diare berasal dari kotoran manusia. Dengan mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun maka dapat membersihkan kuman yang ada di tangan, terutama sebelum dan setelah makan. infeksi saluran pernafasan Setelah bersin, batuk, membuang ingus tanpa kita sadari memegang makanan dan kita lupa mencuci tangan sebelumnya, maka secara tidak langsung kita akan memindahkan bakteri dan virus pada orang lain yang tanpa sadar mereka tertular. Maka setelah bersin, batuk, dan membuang ingus kita harus mencuci tangan.

Infeksi cacing Faktor kebersihan merupakan salah satu faktor terjadinya penyebaran infeksi cacing ini. Salah satunya ialah kebiasaan mencuci tangan. Anak-anak cenderung lebih banyak mengidap infeksi ini karena mereka cenderung meletakkan dan memasukkan apapun dalam mulut mereka, termasuk makan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. penyakit kulit, infeksi mata dan masih banyak lainnya. Langkah mencuci tangan yang baik dan benar Mencuci tangan bukan serta merta hanya membasahi kulit tangan kita dengan air. Bagaimana kita ingin sehat jika mencuci tangan yang baik dan benar sering kita sepelekan.

Program perilaku hidup bersih dengan mencuci tangan memakai sabun sering dilakukan di Sekolah-Sekolah Dasar untuk mengajari anak-anak tentang langkah mencuci tangan yang benar. Meski tak hanya anak-anak saja yang perlu diedukasi tentang hal tersebut, para orang dewasa yang masih menyepelakan mencuci tangan yang benar sebaiknya memperbaiki kebiasaan buruk dari mencuci tangan. Untuk mencuci tangan ada langkah-langkah yang harus dilakukan, WHO sebagai badan kesehatan dunia telah merekomendasikan tentang 7 langkah mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar.

7 langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar:

1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut
2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
3. Jangan lupa gosok sela-sela jari hingga bersih
4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan
7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu. Tutup kran dengan mengalasi tangan dengan tisu atau handuk. Untuk mengajarkan anak-anak tentang mencuci tangan yang baik dan benar.

7 langkah cuci tangan dengan sabun di atas memakan waktu sekitar 20 detik. Perilaku mencuci tangan dengan sabun merupakan hal sederhana yang mudah dilakukan namun memberi manfaat luar biasa, yaitu dapat memutus rantai penularan penyakit dan dapat meningkatkan kesehatan kita. hal kecil yang berdampak besar bukan.

Mari biasakan  mencuci tangan dengan langkah yang benar.

sumber : kompasiana

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.