Ini Info Tentang Koperasi di PPU

BERITAPENAJAM.Net -Pihak Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi – Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop-UMKM), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menyebutkan hanya ada 10 persen koperasi di PPU yang sehat dalam hal ini aktif beroprasi.

Untuk di wilayah PPU sendiri jumlah koperasi yang ada 243 yang sebelumnya sekitar 237 dari tahun 2015-2016. Tetapi yang sehat  hanya 10 persen hal itu ditegasakan  Andi Halis, Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM. ” Untuk di PPU ini sendiri koperasi yang sehat itu hanya ada sekitar 10 persen saja,” ungkapnya saat ditemui di kantornya (31/10/2016).
Di PPU sendiri, koperasi di setiap kecamatan cukup terdata oleh Disperindagkop-UMKM. Halis juga mengatakan, untuk masalah koperasi tersebut seharusnya memang ada penertiban, tetapi tidak segampang membalikkan telapak tangan. Pasalnya koprasi memiliki  badan hukum.
“Penertiban koprasi yang tidak berjalan itu memang rumit mereka punya badan hukum dan sebagian tidak terlacak. Namun kedepan kita akan infentarisir dengan seksama tapi itu butuh proses,” ungakanya, Senin (31/10/2016).
Dengan kondisi tersebut, saat ini pihaknya membatasi pembentukan koprasi. “Lebih baik yang tidak berjalan itu yang kita aktifkan kembali,” tuturnya.
Pihak UMKM Disperindagkop pada tahun 2015 telah mengirim surat ke setiap koperasi yang ada di PPU, untuk mengaktifkan koperasi-koperasi yang  tidak sehat tersebut. Namun sampai saat ini belum berjalan secara maksimal.(Toy)

Random Posts

One thought on “Ini Info Tentang Koperasi di PPU

Leave a Reply