IKN Pindah ke PPU, Wakil Ketua II DPRD Minta Anak Muda Tarik Peluang Usaha

by -210 Views

BERITAPENAJAM – Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjadi perbincangan hangat dari berbagai kalangan.

Saat ini sebagian pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara tengah berjalan. Bahkan Pemerintah Pusat terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah itu dan baru-baru ini proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan menunju IKN Nusantara pun telah dimulai. Selain itu pemerintah juga lagi mengejar pembangunan jalan lingkar Sepaku, Bendungan Sepaku-Semoi dan Intake Sungai Sepaku.

Pindahnya IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku itu turut menjadi atensi bagi Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PPU Hartono Basuki. Menurutnya adanya IKN Nusantara di daerah ini akan membuka peluang besar bagi masyarakat lokal untuk membuka usaha.


Ilustrasi desain Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berharap dan mendorong kepada pemuda-pemudi atau generasi milenial untuk melihat peluang itu.

“Untuk menyongsong pemindahan IKN, generasi milienal harus siapkan diri salah satunya tingkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Sehingga anak muda bisa menangkap peluang kerja ataupun peluang usaha,” kata Hartono, Selasa (18/10/2022).

Ditambahkan Harotono, pemindahan IKN Nusantara di sebagian besar wilayah Kecamatan Sepaku akan menjadi salah satu daya tarik orang luar untuk datang ke Kabupaten ini. Masyarakat luar akan penasaran dengan lokasi yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ibu Kota Baru ini.

“Peluang usaha ini akan terbuka lebar. Banyak masyarak luar yang datang ke kabupaten ini, sehingga ini akan membuka peluang usaha, seperti usaha warung makan, penginapan dan moda transportasi pun akan terbuka lebar,” kata dia.

Ia berharap adanya IKN Nusantara di wilayah ini tidak disia-siakan oleh generasi milenial khususnya warga kabupaten PPU. (ADV).

Penulis : Dian MS

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.