Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, BPBD PPU Lakukan Simulasi Kebakaran di SDN 017

by -393 Views

BERITAPENAJAM.Net-Sirine berbunyi bersautan, seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri 017 Kelurahan Petung, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), berlarian berbaris dan menuruni tangga. Dua siswa tak sadarkan diri digotong ke posko. Beberapa saat kemudian asap mulai mengepul di beberapa sisi ruangan, sebagai bentuk simulasi kebakaran.

Seluruh peristiwa itu dilakukan siswa dalam rangka memperingati hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. Dengan tema membangun kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) PPU sukses lakukan simulasi kebakaran di halaman sekolah, Rabu (26/4/2017).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) Syaiful Bahri mengatakan, simulasi tersebut pertama kali dilakukan dan sebagai bentuk pelatihan kepada siswa mulai dini untuk selalu siapsiaga dalam menghadapi bencana kebakaran maupun yang lainnya.”Dengan adanya simulasi kebakaran ini, semoga para siswa dan juga guru dapat selalu siap siaga dalam menghadapi bencana,” terangnya

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 017 Hj. Eny Harsi mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya simulasi kebakaran tersebut. Pasalnya, dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberi pelajaran kepada anak murid dan juga guru agar siap siaga dalam menghadapi bencana kebakaran.”Apa bila terjadi sesuatu nantinya sebisa mungkin kita bisa waspada dan terkendali,” ungkapnya.

Dirinya berharap, simulasi tersebut dapat terus berkelanjutan kedepannya, sehingga masyarakat khususnya siswa dapat selalu siapsiaga dengan kejadian dan juga banyak memberi pembelajaran kepada siswa.

“Dalam kegiatan ini jadi anak-anak tidak perlu cemas dan paling tidak dapat menjaga dirinya sendiri,” pungkasnya.(Toy/Nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.