Hari Jadi Polwan, Kapolres Minta Polwan Tingkatkan Pelayanan Humanis

Kasat Binmas AKP Dian Puspitosari

 

BERITAPENAJAM.Net,- Memperingati hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke 72 tahun, kali sangat berbeda dikarenakan faktor pandemic CoViD-19. Pelaksanaan hari jadi Polwan tersebut dilaksanakan secara virtual. Polwan juga dituntut tidak hanya berperan sebagai seorang istri atau ibu maupun juga sebagai anggota Polri.

Kendati demikian, dimasa CoViD-19 pihaknya juga diminta berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan tugas-tugas sebagai anggota Polri dalam menangani penyebaran virus corona di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

AKP Dian Puspitosari yang merupakan Kepala Satuan Binaan Masyarakat (Kasat Binmas), menuturkan bahwa dirinya melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Polwan ke 72 dilaksanakan secara sederhana yakni dengan virtual pada empat (4) Polsek yang di PPU.

” Kali ini perayaan Hut Polwan Ke 72 cukup berbeda, biasanya kami (pihaknya) datang ke Polda mengikuti rangkaian tersebut, ditengah CoViD-19 ini kita cukup laksnakan secara virtual,” ungkap Dian Selasa, (01/09/2020).

Sementara itu pada perayaan virtual HUT Polwan yang tahun ini membawa tema ‘Polwan Siap Mewujudkan Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’.

Namun Dian, yang belum genap setahun diangkat dalam jabatan sebagai Kasat Binmas Polres PPU itu mengatakan, Kegiatan yang dapat dilakukan saat ini sangat terbatas dan sulit mengumpulkan masa dalam jumlah banyak. Sehingga saat ini lebih kepada mensosialisasikan protokol kesehatan secara intern kepada masyarakat maupun kesekolah-sekolah.

” Misal seperti membagikan masker gratis dan melakukan bakti sosial seperti donor darah,” imbuhnya.

Polisi wanita (polwan) mungkin menjadi sosok yang merepresentasikan nilai-nilai keberanian pada diri perempuan. Tegas, berani, namun tetap lembut selayaknya kodrat perempuan diciptakan menjadi citra yang melekat pada diri polwan. Khususnya dalam sistem pelayanan kepada masyarakat.

Kapolres PPU AKBP Dharma Nugraha

Sementara itu terpisah dengan Kepala Polisi Reserse (Kapolres) PPU, AKBP Dharma Nugraha menyampaikan, Polwan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam melaksanakan fungsinya sebagai anggota Polri.

Lanjut Dharma, Polwan membangun polri yang humanis sehingga kedepannya Polwan banyak di posisikan sebagai jabatan yang strategis dalam melayani masyarakat.

” Makanya polwan banyak dikedepankan dalam fungsi-fungsi pelayanan,” katanya

Kapolres PPU berharap, kepada Polwan -Polwan Polri PPU terus meningkatkan kapasitas, sebagai pelayan masyarakat terdepan sehingga kultur polri berubah lebih humanis, bersahaja dan bermasyarakat.

” Disinilah tugas Polwan terutama memberikan citra kepada masyarakat untuk membangun polri lebih berseri,” pungkasnya. (man5)

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

BPS PPU Lakukan Sensus Penduduk Dengan Metode DOPU

Rab Sep 2 , 2020
  BERITAPENAJAM.Net,- Memperingati hari jadi Polisi Wanita (Polwan) ke 72 tahun, kali sangat berbeda dikarenakan faktor pandemic CoViD-19. Pelaksanaan hari jadi Polwan tersebut dilaksanakan secara virtual. Polwan juga dituntut tidak hanya berperan sebagai seorang istri atau ibu maupun juga sebagai anggota Polri. Kendati demikian, dimasa CoViD-19 pihaknya juga diminta berperan […]
%d blogger menyukai ini: