Gotong Royong Bagian Dari Pembangunan Daerah

by -128 Views

Bupati Yuran Aspar Hadiri Penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIII 2016

BERITAPENAJAM.Net – Bupati Penajam Paser Utara Drs. H. Yusran Aspar M.SI hadiri acara penutupan bulan bakti gotong royong masyarakat desa (BBGRM) XIII sekaligus menutup rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan mulai 1 Juli hingga 30 November 2016 yang telah dilaksnakan di berbagai tempat dan ditutup di Kantor Balai Desa Api-Api Kecamatan Waru “ Rabu (30/11).

Dalam penutupan BBGRM tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Nanang Ali, Wakil Ketua I, Sudirman, Wakil Ketua II, Syahruddin Nur, Kepala BPMPD PPU, Dul Aziz, ketua dan wakil ketua tim penggerak PKK yang diketuai Rustini Yusran, ketua dharma wanita kab PPU, unsur forum Kordinasi Pimpinan Daerah serta seluruh usnsur muspika.

Yusran dalam sambutannya menyampaikan Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat XIII 2016 yang telah dilaksankan dari bulan juli dan ditutup pada hari ini merupakan suatu momentum bahwa makna gotong royong harus lebih dimaknai secara luas dan tidak lagi dimaknai dengan sempit saja terlebih dalam membangun kebersamaan untuk wilayah kabupaten ppu yang dimulai dari desa, kecamatan hingga dalam pemerintahan “Ujarnya.

“Bahkan termasuk di dalamnya nilai gotong royongpun sudah tertuang dalam UUD pasal 33 ayat 1 bahwa perekonomian disusun berdasarkan azas kekeluargaan dan melalui inilah kita bisa memaknai salah satu makna gotong royong secara luas seperti yang saat ini sedang kita lakukan bersama baik disektor desa, kecamatan bersama dengan pemerintah daerah.

Sehingga melalui kegiatan gotong royong ini terwujud rasa kebersamaan, rasa persatuan dan rasa peduli untuk bersama-sama mensejahterakan dan menajadikan wilayah ppu menjadi lebih baik, lebih maju dan menjadi wilayah kabupaten yang bisa menjadi contoh bagi daerah-daearh lain.

Dan upaya ini tidak semata-mata dibibi saja tetapi dilakukan secara bersama-sama seperti pemerintah akan memanfaatkan wilayah yang memang bisa menjadi pendukung kemajuan yang tidak hanya dirasakan oleh masayrakat saja tetapi juga daerah ppu lebih khususnya seperti saat ini di wilayah Trunen yang berada di kecmatan sepaku nantinya akan dikembangkan kawasan pemukiman masyarakat miskin dengan berbasis Petrenakan sapi sehingga selain memberikan wadah untuk para masayarakat juga memberikan aktivitas disektor Pertenakan yang hasilnya bisa dirasakan langsung.

Terlebih lagi kawasan ini sudah ada investor swasta yang akan menanamkan modalnya dengan menanam sorgum dan tebu untuk bahan bakar etanol sehingga integrasi seperti ini dapat memberikan keuntungan satu sama lain dimana sorgum dan ampas tebu bisa menjadi pakan ternak serta kotoran ternak bisa mengahsilkan biogas yang nantinya bisa mengahsilkan listrik.

Melalui upaya dan cara seperti ini merupakan salah satu wujud upaya gotong royong untuk kemajuan masyarakat dan masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan yang telah digagasa oleh pemerintah daerah tentunya gagasan yang diperuntukan untuk kemajuan ini harus didukung oleh semua element baik masayrakat, jajaran anggota DPRD sehingga semangat gotong royong menghasilkan sesuatu yang betul-betul membawa kab ppu menjadi lebih baik.

Termasuk dukungan yang berwujud gotong royong ini bisa diciptakan dengan menjaga koordinasi, Negosisasi, Integrasi, serta singkronisasi terhadap kegiatan dan perencanaan yang akan dilakukan sehingga nantinya upya bersama untuk mewujudkan kemajuan dan perubahan di wilayah kab ppu dapat berjalan dan terselengara dengan baik.

Terlebih lagi dengan adanya rangkaian acara ini tidak menghentikan kita semua untuk melaksankan gotong royong tetapi malah menjadikan semangat tersendiri bahwa sesuatu yang dilakukan secara bersama-sama dengan baik dapat mengahasilkan perubahan dan nilai yang baik pula termasuk beberapa prestasi yang sudah diraih oleh kab ppu yang ini semua tidak terlepas dari upaya gotong royong dan kerja sama semua pihak di wilayah kab ppu “ Pungaksnya.

Akhir dari rangkai kegiatan ditandai dengan pemukulan gong sebagai tanda berkahirnya rangkain kegiatan bulan bakti gotong royong masyarakat XIII 2016 dan penyerahan pengharagaan dari rangkaian perlombaan bulan bakti gotong royong tingkat kabupaten termasuk di dalamnya perlombaan yang dilaksankan oleh tim penggerak PKK “ (Humas 13)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.