Firmansyah: PNS Harus Bisa Jadi Panutan Masyarakat

by -108 Views

BERITAPENAJAM.Net – Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan panutan dan contoh bagi seluruh masyarakat. Oleh karenanya segala tindakan dan prilaku sehari-hari terlebih ketika mereka masih menggunakan seragam kerja harus mampu mencerminkan etika yang baik dan terpuji. Jika itu tidak dilakukan, bisa saja seorang PNS menjadi sorotan kurang baik dilingkungan masyarakat.

Perihal ini disampaikan Staf Ahli Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Bidang Hukum dan Politik, Firmansyah saat memimpin apel pagi yang digelar rutin dihalaman Pemkab PPU, Jumat, (25/8).

“Profesi sebagai PNS yang kita emban ini harus benar-benar mampu kita jaga dengan sebaik-baiknya. Misalkan satu contoh kecil, ketika seseorang tengah mengenakan pakaian PNS tiba-tiba ia melakukan perbuatan seperti buang air kecil dipinggir jalan seenaknya. Tindakan itu pastilah akan menjadi sorotan bagi masyarakat yang melihatnya, begitu juga perbuatan-perbuatan negatif yang lainnya,“ kata Firmansyah.

Oleh karena itu Firmansyah berharap kepada seluruh PNS dilingkungan pemerintah kabupaten PPU agar benar-benar memperhatikan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang PNS. Salah satu tanggung jawab yang harus dijalankan oleh selruh PNS itu tentunya mampu menjaga nama baik PNS yang disandangnya dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat dinilai kurang baik oleh masyarakat.

Ditambahkannya, sekecil apapun tindakan negatif maka akan berdampak pada tercorengnya citra PNS  secara keseluruhan. Selain itu, PNS juga harus mampu  menjadi aparat yang melayani bukan untuk dilayani.

“Malu kita jika masyarakat melihat perbuatan-perbuatan PNS yang kurang baik dilingkungan masyarakat. Padahal itu hanya dilakukan oleh satu dua orang, tetapi kita semua mendapat imbas negatifnya. Jadi tolong perhatikan semua ini. Selain itu untuk memenuhi harapan masyarakat tersebut, mari jadikan diri dan keluarga sebagai teladan pada kehidupan sehari-hari di masyarakat, jauhkan dari watak negatif karena dapat menodai citra PNS dimata masyarakat, “harapnya.(Humas6/Ril)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.