Embung Solusi Petani Penajam Panen Tiga Kali

by -135 Views

BERITAPENAJAM.NetBupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar mengatakan embung atau cekungan menjadi solusi petani di dearah setempat dapat penen hingga tiga kali dalam satu tahun.

“Embung itu bisa menjadi solusi bagi petani bisa tiga kali panen dan tidak masalah jika kelompok tani meminta untuk dibuatkan embung, Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT-PU) Kecamatan bisa membuat embung untuk para petani,” jelas Yusran Aspar saat meninjau lahan persawahan di Kecamatan Babulu, Jum’at (28/07/2017).

Keberadaan embung atau cekungan guna menampung air hujan untuk keperluan pengairan lahan persawahan pada saat musim kemarau tersebut sangat diperlukan petani, sehingga petani dapat menggarap persawahan hingga tiga kali dalam setahun.

Selain itu menurut Yusran Aspar, embung atau cekungan yang dapat digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan itu, juga dapat meningkatkan kualitas air.

Tingkat keasaman air atau PH di wilayah persawahan Penajam Paser Utara cukup tinggi, sehingga dapat membuat pupuk atau racun hama tidak berpengaruh pada tanaman padi.

Yusran Aspar mengungkapkan pemerintah kabupaten melakukan pengolahan (treatment) air dengan mikroba untuk mengatasi tingkat keasaman air yang cukup tinggi di lahan pertanian tersebut.

“Langkah itu bisa dilakukan para petani, karena jentik dan ikan bisa hidup kalau diberi mikroba,” ungkap Bupati.

Yusran Aspar menyatakan akan terus melakukan sosialisasi kepada para petani untuk memanfaatkan embung dan pengolahan air dengan mikroba tersebut. Kedua hal itu kalau benar-benar dimanfaatkan para petani tambah bupati, bisa menjadi solusi untuk menunjang kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat petani di wilayah Penajam Paser Utara. (Win/nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.