DPRD PPU Dukung Langkah Pemda Minta Dana Insentif Rp 1 Triliun Ke Pusat

BERITAPENAJAM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Syarifuddin HR mendukung langkah pemerintah daerah dalam upaya menyeimbangkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan daerah penyanggah.

Pasalnya, pemerintah daerah mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat terkait dengan dana insentif Rp 1 hingga Rp 2 Triliun untuk menunjang pembangunan di Kabupaten PPU seiring dengan pembangunan IKN Nusantara di sebagian wilayah Kecamatan Sepaku.

“Kalau terkait dengan pemerintah daerah dalam hal ini eksekutif meminta intensif kepada pemerintah pusat untuk mengimbangi IKN Nusantara saya rasa sangat wajar. Karena kita ini Kabupaten Penajam Paser Utara bukan penyangga IKN. Kita adalah bagian dari IKN sendiri,” ujar Syarifuddin HR, Senin (27/6/2022).

Politikus partai Demokrat itu mengatakan jika pembangunan IKN tidak dibarengi dengan pembangunan infrastruktur di wilayah Kabupaten PPU maka hal itu dikhawatirkan akan ada kesenjangan pembuangan.


Rumah Sakit Pratama Sepaku merupakan salah satu aset yang berada di Kecamatan Sepaku yang akan menjadi pusat pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

“Artinya, kalau bisa pemerintah pusat dalam hal ini pihak yang mengambil kebijakan harus memikirkan Kabupaten PPU ini seperti apa. Jangan sampai kita ini lambat pembangunannya. Sementara IKN mulai pembangunannya,” ujarnya.

 

Dirinya berharap kepada pemerintah pusat agar memperhatikan daerah Kabupaten PPU seiring dengan pembangunan IKN saat ini. (ADV).

 

Penulis : Dian MS