DPRD Harap 80 Persen Tenaga Kerja di IKN dari Warga Lokal

by -174 Views

BERITAPENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara meminta agar proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengupayakan tenaga kerja lokal.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten PPU, Syarifuddin HR mengatakan dengan banyaknya perusahaan yang ada di IKN diharapkan dapat merekrut warga lokal.

“Banyak proyek-proyek di sana, kalau bisa utamakan masyarakat setempat yang ada dan disesuaikan dengan juga dengan UMK kita, 80 persen tenaga lokal diutamakan, kita berharap seperti itu,” ucapnya, Senin (1/5/2023).

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Lokal.

Untuk itu DPRD turut mendorong Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten PPU, untuk dapat menjadi penyalur tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan yang beroperasi di IKN.

“Jadi kami merekomendasikan juga ke Dinas Ketenagakerjaan untuk bisa menjadi penyalur tenaga kerja lokal ke perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sini,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, terkait upah yang diberikan harus menyesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) setempat.

“Ya ini kan proyek besar jadi gajinya disamakan dengan UMK di sini, kita berharap berapa di Penajam, ya di sana juga seperti itu,” kata dia. (ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.