DPRD Bakal Evaluasi Penyertaan Modal Perumda Danum Taka

Wakil Ketua DPRD PPU Raup Muin

BERITAPENAJAM.Net,- DPRD Penajam Paser Utara (PPU) akan mengevaluasi penyertaan modal pemerintah daerah kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka.  Karena dinilai masih banyak keluhan warga terkait dengan layanan air bersih.

Wakil Ketua DPRD PPU Raup Muin mengatakan, Perumda Air Minum Danum Taka PPU telah menaikkan tarif sebesar 22 persen sampai 30 persen per 1 Agustus 2020. Namun, belum ada perubahan layanan yang cukup signifikan.

“Kami telah melakukan RDP (rapat dengar pendapat) dengan manajemen Perumda Air Minum Danum Taka untuk menyikapi beberapa keluhan masyarakat. Kenaikan tarif ini beragam reaksi dari masyarakat. Pada intinya, dengan adanya kenaikan tarif dan penyertaan modal diharapkan pelayanan maksimal,” kata Raup Muin pada awak media ini usai RDP dengan Direktur Perumda Air Minum Danum Taka PPU Abdul Rasyid di Kantor DPRD PPU,  Senin (16/11/2020).

Raup Muin menekankan, DPRD akan kembali mengagendakan RDP dengan manajemen perusahaan plat merah tersebut pada bulan depan. “RDP selanjutnya akan diagendakan bulan depan, karena RDP kali ini masih banyak hal yang belum dibahas lantaran waktu terbatas. Jadi, kita kasih kesempatan Perumda Air Minum Danum Taka untuk menyusun laporannya. Kalau nanti tidak ada perubahan, pasti kami dari DPRD akan mengevaluasi penyertaan modal,” terang dia.

Direktur Perumda Air Minum Danum Taka PPU Abdul Rasyid menekankan, untuk kualitas produksi air bersih telah ada masalah. Karena kualitas air sering diuji laboratorium di Balikpapan. “Kalau dari segi kualitas air produksi sudah sesuai dengan standar,” ujarnya.

Ia mengakui, untuk penyaluran air bersih masih memiliki beberapa kekurangan. Karena masih ada unit water treatment plant (WTP) menggunakan mesin genset. Sehingga pengoperasiannya hanya 12 sampai 16 jam.

“Seperti Unit WTP Waru, itu belum menggunakan listrik PLN. Jadi, pengoperasiannya belum bisa sampai 24 jam,” tuturnya.

Abdul Rasyid berharap, kepada DPRD untuk mempertimbangkan rencana evaluasi penyertaan modal. Karena, penyertaan modal tersebut untuk mendukung peningkatan layanan dan pemasangan sambungan jaringan ke rumah warga.

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

DPRD Dukung Kenaikan 100 Persen Gajih THL PPU

Jum Nov 20 , 2020
BERITAPENAJAM.Net,- DPRD Penajam Paser Utara (PPU) akan mengevaluasi penyertaan modal pemerintah daerah kepada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Danum Taka.  Karena dinilai masih banyak keluhan warga terkait dengan layanan air bersih. Wakil Ketua DPRD PPU Raup Muin mengatakan, Perumda Air Minum Danum Taka PPU telah menaikkan tarif sebesar 22 […]