Distanak Rutin Lakukan Pengawasan Kesehatan Hewan Ternak Sapi

by -177 Views

Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara sudah siapkan Early Warning System

BERITAPENAJAM.Net-Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), terus memperketat pengawasan kesehatan terhadap hewan ternak sapi.

Hal ini dilakukan, melihat di seluruh wilayah PPU dan juga luar pulau memasuki musim penghujan, sehingga hewan ternak rentan terserang penyakit.

“Jadi memang kecenderungan musim salah satu faktor yang dapat menimbulkan sapi menjadi drop dan gampang terserang penyakit,”ujar Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Distanak PPU Arif Murdiyatno, Selasa (07/03/2017).

Tak hanya memasuki musim penghujan lanjut Arif Murdiyatno, lalu lintas hewan ternak sapi yang tinggi juga salah satu dampak yang dapat menimbulkan penyakit. “Kita juga memperketat pengawasan kesehatan hewan ternak sapi yang akan masuk ke wilayah PPU,”ungkapnya.

Distanak Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini juga sudah siapkan Early Warning System (EWS), dimana EWS ini merupakan serangkaian sistem untuk memberitahukan timbulnya kejadian alam.”Dengan sistem ini jadi kita bisa tau, bulan apa dan pada waktu kapan kita harus ada perhatian khusus, dan kewaspadaan khusus terhadap hewan ternak,” jelas Arif.

Selain memperketat pengawasan kesehatan hewan ternak sapi, tambah Arif, Distanak juga rutin lakukan vaksinasi sekali tiga bulan untuk mengantisipasi hewan ternak sapi terserang penyakit.”Jadi mulai awal tahun kita sudah lakukan vaksinasi untuk pencegahan terlebih dahulu,” pungkasnya.(toy/nit)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.