Disperindagkop Minta Anak Sekolah Tidak Jajan di Luar Pagar

BERITAPENAJAM.Net– Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menghimbau bagi anak-anak sekolah, terutama Sekolah Dasar (SD) agar tidak jajan di luar pagar sekolah. Hal itu dilakukan untuk menghindari penyakit yang dapat menyerang ke anak-anak melalui jajanan yang tidak sehat.

“Sekarang itu kan sudah ada yang namanya kantin sehat yang berada di dalam sekolah. Kantin sehat itu sebenarnya wadah anak-anak untuk bisa jajan yang baik. Dan tidak perlu jajan di luar lagi,” ujar Kepala Disperindagkop PPU Sutrisno, Rabu (21/6/2017).

Sutrisno mengungkapkan, bahwa tidak menutup kemungkinan jajanan yang berada di luar sekolah ada mengandung campuran zat kimia didagangannya, sehingga dapat menimbulkan penyakit bagi yang mengonsumsi.

“Tetapi terkadang anak-anak bosan jajan sehingga malah cari jualan yang pakai rombong di luar sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, peran dari guru juga harus dalam mengawasi anak muridnya dalam mengonsumsi jajananan. Dan juga memberi pelajaran hidup sehat, serta memberi pengetahuan bahwa makanan yang mengandung zat kimita itu dapat mengakibatkan penyakit yaitu gangguan pencernaan dan kanker.

Dengan adanya kantin sehat yang berada di dalam lingkungan sekolah dirinya berharap anak-anak dapat memfungsikan kantin tersebut secara maksimal.

“Karena kantin sehat itu sudah dijamin dari segi kebersihan dan cara pengolahan dan sebagainya,” pungkasnya.(Toy/nit)

Random Posts

Leave a Reply