Disnakertrans PPU Kirim 127 Peserta Ikuti Pelatihan Kompetensi

by -54 Views

BERITAPENAJAM, – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Penajam Paser Utara Berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi (PBK).

Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans PPU Eko Yulianto mengungkapkan, jumlah yang telah mengikuti beberapa PBK terhitung sejak Maret hingga September 2024 mencapai 127 peserta pelatihan.

“Lokasi pelatihannya itu berbeda-beda tempat, Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Balikpapan, PPSDM migas (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas) cepu, UPTD kawasan sains dan teknologi solo, technopark dan ILC malang,” kata Eko di Kantor Disnakertrans PPU, Rabu, (04/09/2024).

Adapun jenis pelatihan yang dilakukan oleh para peserta yakni, pengoperasian mesin bubut, welder, operator forxlift, mechanical dan electrical.

Tujuan pelatihan tersebut selain meningkatkan SDM, juga dapat mempermudah masyarakat PPU untuk ikut andil dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan memiliki daya saing yang cukup dalam menghadapi pertumbuhan manusia yang akan datang.

“Banyaknya isu kalah daya saing dengan pekerja luar, maka dari itu kita galakkan PBK ini, biar semangat dan kemampuan masyarakat untuk bekerja disana makin meningkat,” lanjutnya.

Ia berharap dengan standar sertifikasi kompetensi akan memberikan kesempatan kerja yang lebih luar. “Kami berharap warga akan mudah dapat pekerjaan dan berlanjut sampai anak cucunya nanti,” pungkasnya. (Sam/Bp2/Adv)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.