Diskominfo gelar Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website

by -214 Views

BERITAPENAJAM.Net– Saat ini pemanfaatan teknologi informasi telah sedemikian pesat. Pemerintah pusat mendorong setiap Pemerintah Daerah untuk menggunakan sistem informasi berbasis elektronik atau biasa disebut e-goverment, dalam rangka mewujudkan smart city. Pemerintah juga mendorong pemanfaatan perkembangan teknologi yang ada untuk kementrian pendayagunaan aparatur dan reformasi birokrasi. Hal ini yang melatarbelakangi Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan Website yang dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Bupati PPU, Selasa (24/7).

saat ini pemanfaatan teknologi informasi sudah sedemikian pesat, dan tidak ada kata terlambat untuk kita belajar. Pelatihan pembuatan website ini akan sangat bermanfaat, dan saya ingin mewujudkan sebuah kemandirian melalui pelatihan pembuatan website ini, agar penguasaan teknologi ada di kita semua" Terang Kepala Dinas KOMINFO, Budi Santoso AP.

Beberapa tahun lalu program pembuatan website desa sudah pernah dilakukan, namun tidak berkelanjutan karena dilaksanakan melalui kerjasama dengan pihak ketiga. Ketika kerja sama tersebut berakhir dan belum ada transformasi ilmu, tentu saja program tersebut ikut berhenti. Oleh karena itu Budi berharap melalui pelatihan ini setiap peserta dapat menguasai pembuatan website sendiri sehingga tidak perlu bergantung dengan pihak lain dalam pembuatan maupun
pengelolaannya.

Sebagai contoh di suatu Desa yang belum memiliki website namun memiliki produk unggulan. Produk mereka dijual di kota dengan harga yang jauh lebih mahal. Namun setelah di buat website dan produk tersebut dipasarkan melalui website, tentu tidak ada lagi kesenjangan harga. Setiap orang yang mau membeli produk tersebut bisa langsung melalui web, ujar Budi.

Hal tersebut tentu dapat meningkatkan perekonomian suatu desa. Sementara itu Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ sangat mendukung pelaksanaan pelatihan ini, mengingat arus informasi yang sangat cepat di era globalisasi seperti saat ini.

“saya harap para peserta dapat menyerap ilmu dari pelatihan ini, serta menggunakannya untuk kemajuan pelayanan kepada masyarakat” harapnya.

Pelatihan ini juga diikuti oleh seluruh aparat Desa, Kelurahan, dan Kecamatan di Kabupaten PPU. (Kominfo/Bp01)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.