Disdukcapil PPU Terapkan Program Identitas Kependudukan Digital di Setiap OPD, Masyarakat Menyusul 

by -334 Views

BERITAPENAJAM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Kependudukan meminta untuk merealisasikan kegiatan Identitas Kependudukan Digital berbasis android.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pun mulai menerapkan Program Identitas Kependudukan Digital tersebut. Untuk saat ini sasarannya adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan pemerintahan dan akan berlanjut ke masyarakat.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pemanfaatan Data dan Pelayanan Juzlizar Rahkman mengatakan, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam program tersebut salah satunya dapat diakses hanya dalam satu aplikasi.

 

” Keuntungannya data-data kita ada disitu semua seperti kartu keluarga atau pun jika KTP tertinggal bisa diakses melalui aplikasi tersebut,” ucapnya, Selasa (6/12/2022).

 

Selain itu keuntungan lainnya yang bisa didapatkan, jika Kartu Tanda Pengenal (KTP) tertinggal atau hilang di kabupaten atau kota lain, masyarakat cukup datang ke anjungan Dukcapil mandiri atau Dukcapil setempat untuk mencetak ulang tanpa perlu membawa surat kehilangan.

 

Dengan diadakannya program Identitas Kependudukan Digital ini untuk mempermudah masyarakat, karena dalam satu aplikasi bisa terdapat beberapa data.

 

Penulis: Adell

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.