Disbudpar PPU Bentuk Pokdarwis Untuk Kembangkan Potensi Wisata

BERITAPENAJAM.Net – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membentuk kelompok sadar wisata untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah setempat.

“Kita sudah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kelurahan Kampung Baru untuk membentu mengelola ekowisata hutan bakau di wilayah itu,” tutur Kepala Disbudpar PPU Tita Deritayati, Senin (24/07/2017).

Dengan belum tersedianya sarana dan prasarana penunjang di ekowisata hutan mangrove tersebut membuat pengelolaan di objek wisata itu belum berjalan maksimal.

“Jadi kami bersama masyarakat wilayah itu bekerja sama untuk mengelola hutan bakau dan juga untuk menjaga lingkungan di sekitar objek wisata agar selalu bersih dan rapi,” ujarnya

Selain itu, Disbudpar PPU berencana untuk membentuk kelompok sadar wisata di Kelurahan Tanjung Tengah untuk membantu pengelolaan dan memelihara objek wisata Tanjung Jumlai.

“Lokasi areal objek wisata pantai itu masih milik masyarakat dan belum dibebaskan oleh Pemerintah Kabupaten, jadi kami belum bisa mengelola secara maksimal sehingga membutuhkan peran serta masyarakat sekitar,” ungkap Tita.

Rencananya Disbudpar Kabupaten Penajam Paser Utara akan melibatkan para pelajar dalam program saka pariwisata maupun melibatkan para masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata yang dimiliki PPU.

Tita menyatakan pembentukan kelompok sadar wisata tersebut sebagai upaya instansinya mendekatkan diri kepada masyarakat guna mengembangkan potensi-potensi wisata di wilayah Penajam Paser Utara.

“Kami mencoba untuk memperdayakan warga di sekitar objek wisata, pengelolaannya bekerja sama dengan masyarakat, jadi masyarakat di area objek wisata juga peduli untuk menjaga lingkungan dan potensi wisata yang ada di wilayah masing-masing,” tutupnya. (Win/nit)

 

beritapenajam.net

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pelayanan Berbasis Aplikasi 'Gores PPU' Makin Diminati Masyarakat

Sel Jul 25 , 2017
BERITAPENAJAM.Net – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) membentuk kelompok sadar wisata untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah setempat. “Kita sudah membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kelurahan Kampung Baru untuk membentu mengelola ekowisata hutan bakau di wilayah itu,” tutur Kepala Disbudpar PPU Tita […]
%d blogger menyukai ini: