Jum. Agu 23rd, 2019

BERITA PENAJAM

Berita terkini benuo taka

Dinkes PPU Temukan 75 Kasus HIV/AIDS, Satu Meninggal Dunia

2 min read

BERITAPENAJAM.NET– Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara (PPU) sebelumnya  mencatat terdapat 75 kasus  HIV/AIDS, namun baru-baru ini dikabarakan bahwa satu orang penderita yang juga baru diketahui namun kondisinya telah memburuk dan di kabarakan telah meninggal dunia.

Hal dibenarkan Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kabupaten PPU, dr Eka Wardana, mengungkapkan bahwa  kasus ODHA (penderita virus) yang ditemukan itu  laki-laki. “Meninggal satu seminggu lalu, memang saat kita temukan dirumah sakit kondisinya sudah buruk,” ucapnya.

Saat ini  Dinas Kesehatan PPU  terus berupaya menemukan kasus-kasus HIV di PPU melalui screening pada ibu hamil, dan penderita TBC serta orang-orang yang berpotensi lainya. “Untuk ibu hamil tes HIV terlebih dahulu, supaya kasus dapat cepat kita ketahui. agar harapan kita bayi dalam kandungan tidak terjangkit,” papar dr. Eka di depan awak media.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa dari jumlah kasus tersebut pihaknya terus memonitor penderita HIV di PPU. “Virus ini, menyerang kekebalan tubuh seseorang sehingga daya tahan tubuhnya menurun. Kita lakukan pendekatan ke ODAH bahwa hal ini bukan lah akhir,” ujarnya.

Pihaknya menjelesakan  beberapa kasus ODHA meninggal dunia dikarenakan stres tidak menerima kondisi yang terjadi pada dirinya, sehingga melalaikan untuk hidup sehat dan mengkonsumsi obat yang harus rutin diminum penderita. “Beberapa upaya kita lakukan mulaidari pendekatan prersuasif, kominikasi dan mendengarkan keluhan mereka, sebagian juga kita fasilitasi untuk mengambil obat di Balikpapan,”

Dikabarkan bahwa sampai saat ini PPU belum memiliki klinik VCT, hal tersebutlah yang menyebabkan para ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) mengambil obat di rumah sakit Balikpapan.(bp1/rhn)

klik ini untuk Penjelasan HIV/AIDS :  https://beritapenajam.net/penjelasan-hivaids/

Tinggalkan Balasan

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.