Dinas Pertanian PPU Diberi Target 6,7 Ribu Hektare Sawah

by -80 Views
Sasaran yang diberikan meningkat dari sasaran sebelumnya oleh pihak pemprov Kaltim.

BERITAPENAJAM, – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Gunawan mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) telah memberikan target wilayah persawahan disektor pertanian terhitung sejak April Hingga September 2024, seluas 6,7 ribu hektare.

Sasaran yang diberikan meningkat dari sasaran sebelumnya oleh pihak pemprov Kaltim.

“Target semula yang diberikan hanya 5,5 ribu hektare target tanam dan ditambah 1,2 ribu hektar sehingga total menjadi 6,7 ribu hektar lahan pertanian,” kata Gunawan saat diwawancarai melalui telepon seluler, Jumat, (09/08/2024).

Sementara itu, menurut laporan terakhir, pada Juli, luas lahan produksi yang telah ditanami padi mencapai 1.000 hektare.

Untuk itu, luas target tanaman pangan per bulan di PPU terpenuhi, dengan target awal dari April hingga September mencapai 6.700 hektare sedangkan saat ini hanya diangka 5.700 hektare.

“Artinya masih ada waktu dua bulan kedepan, meskipun tidak tercapai setidaknya pasti ada yang berkurang dari 6.700 hektare itu, dan sudah termasuk normal,” ucapnya.

Ia menjelaskan, lokasi pertanian terbagi empat kecamatan di PPU, yang mendominasi yaitu Kecamatan Babulu Darat yaitu dengan luas lahan pertanian sekitar 5.800 hektare, sisa lahan berada di tiga Kecamatan.

“Sedangkan Kecamatan Waru 600 Hektare, Kecamatan Sepaku 400 hektare, dan Kecamatan Penajam 1.200 Hektare,” pungkasnya. (Sam/Bp2/ADV)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.