Dinas Pendidikan Akan Terapkan Full Day School

by -136 Views

BERITAPENAJAM.Net– Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menerapkan Full Day School dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang nantinya kegiatan belajar mengajar siswa-siswi di PPU berlangsung pada hari Senin hingga Jum’at saja.

Kepala Dinas Pendidikan, Marjani mengatakan bahwa terkendalanya Full Day School dikarenakan Kementerian Pendidikan belum mengeluarkan surat edaran ke Disdik terkait hal tersebut. “Belum ada surat dari kementerian sampai sekarang, sehingga kami belum bisa menerapkan. Seperti yang kita lihat di televisi atau di media masa masih begitu saja menteri masih berwacana, tetapi tiba – tiba ada penunjukan sekolah yang besar contohnya mantan sekolah rintisan taraf internasional SMP 5 itu sudah ditunjuk,“ ujarnya, Selasa, (03/01/2017).

Marjani juga mengatakan bahwa tidak setiap sekolah yang bisa menerapkan sistem Full Days School dikarenakan ada beberapa syarat eksternal dan internal dari sekolah dan harus sesuai dengan kebutuhan Murid. “Tetapi inventarisir kami tidak semua sekolah bisa menerapkan itu. Pertama bagi sekolah perkotaan eksternalnya itu lengkap, contoh ada kendaraan umum atau ojek dan sebagainya serta internal itu minimal ada kantin sekolah, toilet dan air, semua itu harus diinventarisir,“ ujarnya.

Dirinya juga mengatakan sebelum menerapkan hal tersebut, Disdik memberi waktu satu minggu untuk persiapan sekolah yang mengikuti full days school. “Saya berikan waktu seminggu untuk melakukan persiapan, siapa yang bertanggung jawab, siapa yang kendalikan di lapangan. Ketika mereka bilang sudah siap akan kita panggil dan dari Disdik akan turun kelapangan untuk melihat, jangan sampai nanti katanya siap tetapi ada masalah nanti, misalnya orang tua murid mengeluh karena tidak ada ojek, anak keliaran sore atau jalan kaki sore itu kan jadi masalah juga,“ tutupnya.

Diperkirakan sekolah yang mengikuti full day school untuk wilayah Kecamatan Penajam ada SDN 001, SDN 003, SDN 013, SMPN 1, SMPN 5 sedangkan di Kecamatan Waru ada SDN 001 dan SDN 005. (Pad/Min)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.