Dijual dengan Harga Selangit, Ini 7 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

BERITAPENAJAM.NET-, Pernah mendengar tentang sup sarang burung walet atau es sarang burung walet? Kedua menu ini merupakan menu paling populer dari olahan sarang burung walet. Menu sarang burung walet bisa dikatakan sebagai makanan mewah karena harganya yang cukup tinggi. Selain karena sulit untuk ditemui, harga yang tinggi kemungkinan juga disebabkan oleh banyaknya manfaat sarang walet untuk kesehatan.

Sekilas tentang Sarang Burung Walet

Sarang burung merupakan tempat tinggal atau rumah bagi para burung. Tempat paling umum ditemukannya adalah di atas pohon. Jika Anda mendengar adanya menu makanan seperti sup sarang burung walet atau es sarang burung walet, ternyata nama tersebut bukan hanya istilah belaka, melainkan memang benar terbuat dari sarang burung.

Sarang burung walet adalah sarang dari burung walet dan sejenisnya. Tidak seperti sarang burung yang ada di pohon, sarang burung walet dapat ditemukan di gua yang letaknya tidak jauh dari laut. Hal ini karena laut dan pesisir merupakan habitat bagi burung walet. Bentuk sarang burung walet juga berbeda dengan sarang burung yang berada di pohon dan terbuat dari rerumputan.

Burung walet membentuk sarangnya menggunakan air liurnya. Hal ini lah yang membuat sarang burung walet menjadi istimewa. Sarang burung walet dapat dikonsumsi, namun masih sangat sulit untuk didapat. Selain karena sulitnya memanen burung walet pada habitat aslinya, usaha budidayanya pun sulit dan membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Jumlah sarang burung walet yang sedikit di pasaran dan permintaan yang semakin meningkatpun membuat harga sarang burung walet terus meninggi. Harga sarang burung walet hasil budidaya harganya mulai dari 14 juta rupiah, sedangkan sarang burung walet yang berasal dari alam, harganya bisa mecapai hampir 40 juta rupiah. Tidak heran jika makanan olahan sarang burung walet dihargai ratusan ribu rupiah per porsinya.

Kandungan Sarang Burung Walet

Sarang burung walet dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tentu karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Kandungan sarang burung walet bervariasi bergantung pada habitatnya. Secara umum, sarang burung walet memiliki kandungan protein yang tinggi, diikuti dengan sejumlah karbohidrat, dan sedikit kandungan lemak.

Sarang burung walet juga memiliki kandungan mineral seperti kalsium, natrium, serta kalium. Sarang burung walet juga memiliki kandungan asam amino dan beberapa jenis hormon. Jenis hormon yang umum diketahui adalah sepertiu estradiol dan juga testosteron.

Manfaat Sarang Walet

Harga yang mahal tidak membuat minat masyarakat pada sarang burung walet menurun. Justru semakin banyak yang mengetahui manfaat sarang walet dan ingin merasakannya sendiri. Berikut adalah berbagai manfaat sarang burung walet yang dipercaya oleh masyarakat!

1. Cegah resistensi insulin

Manfaat sarang walet yang pertama adalah dapat mencegah resistensi insulin yang merupakan salah satu kondisi penyebab diabetes. Resistensi insulin adalah kondisi di mana pankreas dapat menghasilkan hormon insulin, tapi tubuh tidak dapat merespon hormon insulin dengan baik. Hasilnya hormon insulin pun tidak dapat bekerja untuk mengontrol gula darah dengan baik.

2. Mengatasi gejala menopause

Manfaat sarang walet yang kedua adalah dapat mengatasi gejala menopause. Setiap wanita tentunya akan mengalami menopause dan dengan menurunnya hormon reproduksi tentunya akan menimbulkan berbagai reaksi dari tubuh. Selain mengalami gelisah, hot flashes, gangguang tidur, gairak seksual menurun, wanita yang mengalami menopause juga lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

Sarang burung walet mememiliki kandungan hormon estradiol yang merupakan jenis estrogen. Hal ini lah yang membuat banyak orang percaya bahwa sarang burung walet dapat mengatasi gejala menopause.

3. Meningkatkan libido

Manfaat sarang walet selanjutnya adalah meningkatkan libido. Kandungan testosteron dan estradiol membuat sarang burung walet dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual. Selain dapat meningkatkan gairah seksual, tentunya masih terdapat manfaat lain dari kandungan hormon-hormon ini pada sarang burung walet.

Kandungan testosteron dapat membantu dalam pemebentukan otot dan pembakaran lemak. Sedangkan estradiol dapat membantu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang yang dapat disebabkan oleh berbagai sebab.

4. Pengobatan osteoarthritis

Manfaat sarang burung walet lainnya adalah sebagai pengobatan osteoarthritis. Nyeri sendi pada beberapa bagian tubuh bisa jadi merupakan gejala osteoarthritis atau peradangan pada tulang rawan. Sarang burung walet memiliki kandungan asam amino yang dapat meningkatkan pertumbuhan tulang rawan sehingga mencegah peradangan semakin parah.

5. Meningkatkan kemampuan otak

Meningkatkan fungsi otak juga merupakan salah satu manfaat sarang walet. Kandungan protein dan mineral dari saran burung walet diduga dapat meningkatkan kerja otak dan saraf. Selain itu, sarang burung walet juga dipercaya dapat memperbaiki mood atau suasana hati seseorang, sehingga dapat juga mengatasi stres dan melawan depresi.

6. Meningkatkan sistem imun

Manfaat sarang walet yang keenam adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sarang burung walet memiliki kandungan protein yang dapat merangsang pertumbuhan sel, sehingga imunitas seseorang pun meningkat.

Kemampuan ini pun membuat sarang burung walet dipercaya baik untuk membantu pasien yang sedang menjalani pengobatan seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi atau pasien yang mengalami cedera kornea. Sarang burung walet juga ampuh untuk meningkatkan stamina tubuh agar Anda dapat lebih lancar beraktivitas.

7. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat sarang walet yang tidak kalah terkenal lainnya adalah menjaga kecantikan kulit. Berbagai kandungan nutrisi dalam sarang burung walet dapat membantu proses perkembangan atau pembelahan sel. Maka dari itu, sarang burung walet baik untuk membantu regenerasi kulit.

Sarang burung walet juga dipercara sebagai salah satu agen antiaging yang dapat mempertahankan kecantikan kulit Anda dan mencegah datangnya gejala penuaan. Sarang burung walet juga dapat membantu dalam pembentukan kolagen sehingga kulit dapat tetap kencang, sehat, dan cerah.

Keamanan Konsumsi Sarang Burung Walet

Manfaat sarang walet untuk kesehatan memang sangat banyak, tapi apakah setiap orang dapat mengonsumsi sarang burung walet? Bagi sebagian orang, konsumsi sarang burung walet dapat menyebabkan timbulnya anafilaksis yang merupakan reaksi alergi yang dapat mengancam jiwa. Maka dari itu tidak disarankan untuk mengonsumsinya langsung dalam jumlah banyak.

Jika tidak hipersensitif pada sarang burung walet, maka konsumsi sarang burung walet relatif aman jika pengolahannya tetap diperhatikan. Jika ingin mencoba dan mengolah sarang burung walet sendiri, maka harus lebih teliti karena terdapat penjual nakal yang mungkin menggunakan pemutih buatan untuk menghasilkan sarang burung walet yang terlihat bersih dan lebih cantik.

Manfaat sarang burung walet untuk kesehatan memang terlihat menggiurkan, tapi mengingat harganya yang cukup tinggi, tentunya akan sulit menjadikan sarang burung walet sebagai pilihan pengobatan. Belum banyak juga penelitian yang menunjukkan efektivitas manfaat sarang walet untuk kesehatan pada manusia.

Jika ingin mengetahui efektivitas manfaat sarang walet pada manusia, maka masih harus dilakukan berbagai penelitian. Namun jika Anda ingin mencoba kelezatan sarang burung walet, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menu yang satu ini. Tertarik untuk mencoba olaha sarang burung walet? Selamat menikmati!

https://doktersehat.com/manfaat-sarang-walet/.

Random Posts

Tinggalkan Balasan