Di PPU hanya 61 sekolah yang memiliki Gedung Perpustakaan

by -224 Views

BERITAPENAJAM.Net – Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerja keras untuk terus melakukan pendistribusian buku perpustakaan kesetiap sekolah, Kecamatan maupun di tingkat Desa. Terkait dengan Perpustakaan di setiap Sekolah yang terdapat di PPU atau sering disebut Benua Taka, hanya 61 Sekolah yang memiliki gedung perpustakaan terdiri dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA).

Dari data yang dihimpun di lapangan, Sekolah yang terdapat di Empat Kecamatan, Penajam, Waru, Babulu, Sepaku, hanya terdapat 61 Sekolah yang memiliki perpustakaan. Sekolah Dasar (SD) hanya 29 Sekolah terdiri dari 109 Sekolah yang terdapat di Benua Taka, sedangkan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) hanya terdapat 18 sekolah yang memiliki gedung perpustakaan terdiri dari 40 sekolah dan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) hanya terdapat 14 Sekolahan yang memiliki gedung terdiri dari 24 Sekolah yang tersebar di wilayah PPU.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Ridwan Effendi mengatakan bahwa pihaknya terluas melakukan evaluasi maupun melakukan sosialisasi karena di PPU masih banyak sekolah yang tidak memiliki gedung perpustakaan.

“Bulan kemarin kami mengadakan evaluasi ke tingkat sekolah dasar dan hanya ada beberapa sekolah yang memiliki perpustakaan, kami juga terus melakukan sosialisasi dan kami mendata sekolah mana yang belum memiliki perpustakaan, kemudian sekolah yang belum memiliki tenaga per pustakawan kami undang untuk kami beri pelatihan bagaimana mengelola perpustakaan,” ucapnya, Kamis (1/12/2016).

Dirinya juga mengatakan bahwa ada beberapa sekolah yang memanfaatkan Ruang guru maupun ruang Laboratorium untuk dijadikan perpustakaan.

“Rata-rata perpustakaan di sekolah hanya memanfaatkan ruang guru maupun Lap, Ini harus menjadi perhatian, kalau Perpustakaan tidak ada apalagi di daerahnya terpencil akan mengalami kebuntuan apabila ingin mencari litegasi, tapi kalau perpustakaan sekolah itu ada akan cepat dan mudah, padahal perpustakaan ini sebenarnya garda terdepan untuk mencerdaskan karena menyangkut semua lapisan baik di tingkatan masyarakat, disegi usia, profesi maupun tingkat pendidikan,” tutupnya, (Win).

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.