Demo Santun Masyarakat Sepaku terkait dengan PT.AGRO INDO MAS

by -7 Views

BERITAPENAJAM.Net– Unsur Masyarakat Desa Sukaraja yang tergabung dalam Masyarakat Aliansi Masyarakat Bersatu Kecamatan Sepaku berdemo di depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara senin tanggal 14 Mei 2018 menuntut terkait pengelolaan hutan dan lahan Masyarakat Desa Sukaraja yang bermitra dengan di PT.AGRO INDO MAS dalam hal ini Demo tersebut diterima langsung oleh Bupati Penajam Paser Utara Drs.H. Yusran Aspar ,M.Si ,Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs.H.Ahmad Usman,Kabag Ekonomi Setkab Kuncoro,Perwakilan dari pihak PT.AGRO INDO MAS, serta beberapa perwakilan dari BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Masyarakat Sepaku yang dalam hal ini yang berada di kawasan Desa Sukaraja yang pada intinya menuntut dengan adanya kegiatan PT.AGRO INDO MAS ini menggusur lahan tanam tumbuh Pertanian Masyarakat lokal serta menghancurkan merusak tanaman dari DAK DR dan Tuntutan warga masyarakat melalui aliansi masyarakat Bersatu Kecamatan Sepaku terkait 227 Hektar lahan yang saat ini dikelola oleh PT.AGRO INDOMAS Tuntutan Masyarakat yang disampaikan dalam pertemuan dengan bupati PPU ada Beberapa hal yang sangat krusial, pertama dengan adanya kegiatan PT. agromas di wilayah tersebut menggusur lahan tanam tumbuh perkebunan , pertanian lokal masyarakat, kedua menghancurkan dan merusak tanaman penghijauan dari dakdr tahun 2006 dan Kami juga menuntut kompensasi atas hilangnya hak – hak pendapatan masyarakat yang tidak lagi dapat memanfaatkan lahan pertanian tersebut selama 11.

Mereka juga mengingatkan kepada pemerintah bahwa jangan lagi setiap lahan – lahan masyarakat ini beralih menjadi hak – hak investasi karena tidak akan menjamin teori tentang swasembada pangan. Namun mereka tidak menentang kebijakan pemerintah sebagai pengelola Negara namun perlu adanya regulasi antara masyarakat pemilik lahan dan pemerintah sebagai penguasa pemberi kebijakan dan investor sebagai pencari keuntungan.

Dalam hal ini Pak usman selaku Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan memberikan kesimpulan dari pertemuan ini. yang pertama kita sepakat bersama dalam waktu 14 hari kita akan membahas secara intensif tentunya dengan unsur yang terkait kedua kita kan membentuk tim yang unsurnya terdiri masyarakat 5 unsur dan dari pihak pemerintah 10 unsur , dan pada pertemuan selanjutnya masyarakat menghendaki agar pimpinan tertinggi PT. Agro Indo Mas sebagai pengambil kebijakan dapat hadir dalam pertemuan tersebut. Pada bulan mei ini.

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.