Dalam Rangka Hari Sumpah Pemuda, IKPIN PPU Gelar Donor Darah

by -145 Views

Serentak se Kaltim dan Kaltara, Ditargetkan Masuk Catatan Rekor Muri

BERITAPENAJAM.Net – Dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2016, Ikatan Keluarga Alumni Pemuda Integratif (IKAPIN) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)  bekerjasama dengan Universitas Mulawarman (Unmul), PMI Provinsi Kalimantan Timur dan PMI Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltara )  menggelar Gerakan donor darah serentak di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Kaltara. Salah satu pelaksanaanya adalah di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jumat (28/10) besok.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian sosial masyarakat, meningkatkan rasa kemanusiaan di kalangan pemuda, memupuk semangat kebangsaan generasi muda serta sebagai  simbol persatuan masyarakat Kaltim dan Kaltara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  yang mengangkat tema “Dengan semangat hari sumpah pemuda mari kita wujudkan kepedulian masyarakat kaltim dan kaltara terhadap sesama, setetes darah sejuta harapan”.

“Kegiatan donor darah ini akan dilaksanakan di PPU pada hari Jum’at 28 Oktober 2016 dimulai pada pukul 08.30 WITA s/d 12.00 Wita di Aula Kantor Kecamatan Penajam.  Kegiatan ini juga dibuka untuk umum bagi seluruh masyarakat PPU yang ingin ikut berpartisifasi dipersilahkan untuk hadir, “kata Sekretaris IKAPIN Kabupaten PPU, Adi Priyanto, Rabu, (26/10) kemarin.

Latar belakang kegiatan donor darah ini lanjutnya, mengingat betapa Sumpah Pemuda memiliki arti yang sangat penting dalam kemerdekaan Republik Indonesia, sudah seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda tersebut. Peringatan hari Sumpah Pemuda menurut dia,  harus diisi oleh kegiatan-kegiatan yang mampu merefleksikan semangat persatuan dan kesatuan para pemuda, dan bukan hanya diisi oleh kegiatan yang bersifat seremonial belaka.

Pada masa kini lanjutnya, kondisi moral masyarakat dan pemuda Indonesia begitu memprihatinkan, sehingga pemerintah menyuarakan konsep Revolusi Mental. Yaitu konsep program yang bertujuan merubah mentalitas masyarakat kearah yang lebih baik secara besar-besaran dan dengan jangka waktu yang cepat. Atau dengan kata lain mengubah mental negatif masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang bermental positif yang dapat berperan aktif dalam kemajuan pembangunan Bangsa Indonesia.

Relevan dengan hal tersebut tambahnya, Ikatan IKAPIN Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Mulawarman, dalam hal ini IKA PIN Kabupaten PPU sebagai organisasi alumni Program Studi S1 Pemerintahan Integratif memiliki keinginan untuk turut berkontribusi dalam upaya membangkitkan kembali kepedulian pemuda dan masyarakat terhadap sesama yang diwujudkan dalam Gerakan Donor Darah Serentak di Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kaltara tersebut .

“ Kami berharap kegiatan Gerakan Donor Darah Serentak di Provinsi Kaltim dan Kaltara  ini mampu dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Sehingga kelak kegiatan Donor Darah yang sederhana ini akan senantiasa tercatat dalam tinta emas sejarah bangsa sebagai hari yang menjadi simbol kepedulian yang tinggi dan persatuan yang sangat kuat, “pungkas Adi. (Humas6)

Leave a Reply

No More Posts Available.

No more pages to load.